Tak Lulus UN, Masih Berpeluang Lanjut Perguruan Tinggi


Catatan dari Dialog Selamat Pagi Sulawesi (2-Habis)
(Sumber: Tribun Timur: Kamis, 18 Juni 2009 | 03:02 WITA)

BAGI siswa SMA dan SMK atau sederajatnya yang belum lulus ujian nasional (UN) 2009, bukan berarti sudah "kiamat". Masih ada jalan lain agar bisa dinyatakan lulus dan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Dinas Pendidikan Nasiolan (Diknas) Sulawesi Selatan dan jajarannya melalui pendidikan luar sekolah (PLS) menyediakan peluang dengan menyelenggarakan ujian paket C. Pendaftaran bisa dilakukan di kantor dinas pendidikan masing-masing kabupaten/kota.

Hal tersebut disampaikan Wakadis Pendidikan Nasional Sulsel M Saleh Gottang MPd saat menjadi narasumber pada dialog Selamat Pagi Sulawesi yang digelar TVRI bekerja sama dengan Tribun Timur dan RRI di halaman depan TVRI, Jl Kakatua, Makassar, Selasa (16/6) lalu. Dialog ini disiarkan langsung TVRI dan RRI.

"Kalau berminat, silakan bawa foto kopi ijazah sekolah menengah pertama (SMP), foto kopi daftar peserta UN SMA dan pas foto warna ukuran 3x4 sebanyak lima lembar. Baik pendaftaran maupun ujian paket C, gratis alias tidak sesenpun dipungut biaya," ujar Saleh.

Pendaftaran sudah bisa dilakukan pekan ini. Untuk pelaksanaan ujian paket C akan digelar serentak 23-26 Juni mendatang. Ada pun mata pelajaran yang ujikan sama dengan mata pelajaran UN utama dan dua mata pelajaran tambahan untuk jurusan IPA dan IPS.

Sementara itu, mengenai sekolah swasta yang kerap banyak tak meluluskan siswanya, Saleh menegaskan pihaknya akan menegur dan mengevaluasi sekolah yang demikian. Bagi sekolah yang siswanya tak ada yang lulus, bakal ditegur dan kena warning.

"Andaikan ada aturan bisa melikuidasi sekolah tersebut, mungkin kita akan lakukan. Tapi karena tidak ada, ya paling kita akan tegur, beri warning, evaluasi, dan pembinaan," katanya. (jumadi mappanganro)

Komentar