Hari Ini Jaksa Agung ke Pangkep


Makassar, Tribun - Jaksa Agung Hendarman Supandji direncanakan meresmikan kantin kejujuran di SMK Negeri 1 Bungoro, Kabupaten Pangkep, Selasa (19/1/1).

Selain Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo, acara tersebut juga akan dihadiri di antaranya unsur Muspida Sulsel, para bupati, wali kota, kepala kejaksaan negeri (kajari), kepala dinas pendidikan, dan 560 kepala sekolah se- Sulawesi Selatan.

Rencana tersebut disampaikan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Selatan Adjat Sudrajat di Makassar, Senin (18/1/1). "Peresmian kantin kejujuran ini merupakan yang ke-10 ribu tingkat nasional dan ke-560 tingkat Provinsi Sulsel," jelasnya.

Kantin kejujuran pertama kali dicetuskan idenya oleh Jaksa Agung RI yang kemudian menggandeng departemen pendidikan untuk diimplementasikan ke sekolah-sekolah di seluruh Indonesia.

Terkait program tersebut, sikap Syahrul sangat mendukung. Program ini dinilai sangat mulia dalam upaya melahirkan generasi muda berkarakter dan berakhlak mulia.

"Sebab melalui kantin kejujuran, peserta didik dibiasakan melakukan perbuatan dengan jujur. Jadi kantin kejujuran ini ibarat laboratorium akhlak," ujar Syahrul yang juga mantan Bupati Gowa ini.

Sementara itu, menurut Kadis Pendidikan Sulsel Andi Patabai Pabokori, ke-560 kantin kejujuran yang diresmikan hari ini merupakan pilot project. Selanjutnya, pada tahun ini, diharapkan semua sekolah mulai tingkat SD hingga SMA se- Sulsel yang berjumlah sekira 7.300 unit, masing-masing sudah punya kantin kejujuran.

"Sudah ada MoU (nota kesepahaman) antara gubernur dan kajati juga antara bupati/wali kota dengan para kajari di daerah masing-masing," jelas Patabai yang juga mantan Bupati Bulukumba ini, kemarin. (jum)

Catatan: Terbit di Tribun Timur edisi cetak, Selasa 19 Januari 2009 dan sumber foto: radar bali

Komentar