Jaga Kesehatan, Yuk Bersepeda !

SETIAP hari Sabtu dan Minggu, kini tak sedikit warga Kota Makassar memanfaatkannya dengan berolahraga dengan sepeda. Di kota ini, juga sudah banyak terbentuk komunitas sepeda.

Di antaranya Komunitas Sepeda Mammisata, Makassar Cycling Club, Thirta Makassar Funbike Club, Bike to Work (B2W) Chapter Makassar, Macca Bikers Community, dan komunitas sepeda lainnya.

Menurut Ketua B2W Chapter Makassar, Ano Suparno, dalam bersepeda, maraknya pesepeda di Makassar, berangkat dari kesadaran ingin menjaga kesehatan dan mengurangi polusi.

"Dalam bersepeda, organ yang akan terpengaruh dalam latihan bersepeda termasuk jantung dan paru-paru. Sedangkan otot yang dilatih dengan bersepeda adalah otot tungkai, lengan, perut, dan punggung. Cukup membuat tubuh bergerak," katanya beberapa waktu lalu.

Senada dengan Ano, Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Utama Sulawesi Selatan (Sulsel) Dr Ir Hj A Majdah Muhyiddin Zain Msi mengatakan, bersepeda merupakan salah satu bentuk olah raga yang paling efektif dan murah untuk mencapai kesehatan yang mahal harganya.

"Sebagai contoh, bersepeda dan mengurangi resiko serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes, untuk itulah kenapa bersepeda merupakan salah satu sarana untuk hidup sehat," jelas Majdah yang juga Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), pekan lalu.

Dengan bersepeda tiap hari, tambahnya, akan melatih napas kita untuk bernafas lebih panjang di bandingkan dengan orang yang tidak bersepeda, bersepeda lebih efektif dibandingkan dengan senam erobikdan lebih mengasyikan.

"Bila dilakukan dengan baik, benar, teratur, dan terukur, bersepeda akan mampu meningkatkan kemampuan jantung dan paru-paru dalam fungsinya sehari-hari. Otomatis organ-organ tersebut dapat bekerja secara optimal," katanya. (jumadi mappanganro)

Bisa Kurangi Stres
BERSEPEDA juga memberikan efek yang positif pada perasaan dan suasana hati kita. Bersepeda dapat mengurangi depresi, stres, meningkatkan mood dan memotivasi diri kita.

"Sebagai contoh dengan bersepeda kita dapat melihat lingkungan sekitar secara lebih seksama, bersosialisasi dengan lingkungan, menikmati pemandangan alam dan udara yang segar. Bonus dari semua itu adalah kesehatan," ujar Iwan Taruna, jurnalis yang juga anggota Macca Bikers Community, saat ditemui di Warkop Daeng Anas, Jl Pelita Raya, Makassar, beberapa waktu.

Namun saat bersepeda, Ano mengingatkan agar tidak lupa mengenakan helm. Menurutnya, anggapan bahwa memakai helm saat bersepeda itu bukan suatu hal yang penting adalah anggapan salah. "Dengan memakai helm dapat mengurangi resiko terjadinya kecelakaan jika kita jatuh atau kecelakaan lainnya," katanya. (jum)

Komentar