Rutin Senam dan Bersepeda


Sehat Ala Dr A Madjah M Zain

EMPAT tahun lagi, usianya genap setengah abad. Namun A Majdah Muhyiddin Zain tetap selalu tampil sehat, ceria, dan cantik. Soal kegesitan, ibu lima anak ini tak kalah dengan wanita usia 30- an tahun.

Padahal, Majdah termasuk wanita yang hampir setiap hari dijubeli dengan banyak rutinitas. Baik sebagai Rektor Universitas Islam Makassar (UIM), sebagai istri Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu'mang, maupun sebagai pengurus sejumlah organisasi kemasyarakatan lainnya.

Karena kesibukannya itu, ia hanya punya waktu tidur di rumah paling lama sekitar empat jam sehari. Tidur malam di atas pukul 24.00 dan bangun antara pukul 03.00 hingga 04.00 wita.

Lalu, bagaimana ia bisa tetap selalu tampil sehat dan ceria? Hal itu karena ia mengaku selalu memperhatikan pola hidup sehat. Berusaha menyeimbangkan kecukupan olah gerak dan pola makan sehat.

"Dalam sepekan, saya senam tiga kali. Sekali senam, minimal satu jam. Hal ini sudah rutin saya lakukan sejak beberapa tahun terakhir," tuturnya saat ditemui di Pascasarjana Universitas Hasanuddin, Tamalanrea, Makassar, Senin (4/1).

Kadang senam ia lakukan di rumahnya bersama sejumlah rekannya. Sesekali keliling senam di klub-klub jantung sehat yang ada di Kota Makassar seperti di Stadion Mattoanging dan di halaman Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf. Senam dilakukannya selalu mulai pukul 06.00 hingga 07.00 wita.

Selain senam dan jogging, olahraga yang juga rutin dilakukannya adalah bersepeda pada setiap hari Jumat dan Sabtu serta hari-hari libur lainnya. Saban bersepeda bersama rekannya, wanita berjilbab ini bisa menempuh jarak 15 kilometer.

"Biasanya kalau naik sepeda, saya masih bisa mengayuh sepeda hingga 20 sampai 40 kilometer sehari. Paling dekat, ya 15 kilometer," tutur pengurus Smansa Cycling Community ini.

Sedangkan resep agar tetap tampil ceria dan awet muda, ia hanya memberi saran agar kita selalu bekerja ikhlas dan memperbaiki silaturahmi. (jumadi mappanganro)


Sudah 2 Tahun Tak Makan Daging

MENURUT A Majdah M Zain, untuk membentuk tubuh yang sehat, tak cukup dengan olah gerak semata. Melainkan juga harus menjaga pola makan yang seimbang dan sehat. Sudah dua tahun terakhir ini, ia mengaku tak lagi mengonsumsi daging hewani.

"Untuk kebutuhan daging, saya hanya makan daging ikan," ujar wanita yang mengaku gemar makan ikan bandeng dan baronang bakar ini. Bisa juga masakan pallumara.

Untuk kebutuhan karbohidrat dan aneka vitamin lainnya, Madjah mengaku lebih memilih mengonsumsi buah-buahan dan sayur pada malam hari.

"Makanya di rumah, tomat, wortel, apel, dan mentimun harus selalu tersedia. Kalau sayur, saya itu sukanya sayur bening," tutur Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Utama Sulawesi Selatan (Sulsel) ini, kemarin.

Kebiasaannya yang hanya mengonsumsi buah dan sayur pada malam hari, diakuinya sudah dilakukan sejak 10 tahun terakhir. (jumadi mappanganro)


Buang Racun dalam Tubuh dengan Puasa

SALAH satu tips sehat yang diakuinya cukup ampuh adalah rutin berpuasa. Setiap Senin dan Kamis, Wakil Ketua Muslimat Nadhlatul Ulama (NU) Sulsel ini rutin berpuasa sunat.

Menurutnya, dengan berpuasa, tubuh melakukan detoksifikasi atau proses peluruhan racun-racun dalam tubuh. Karena, adakalanya sistem eksresi manusia tidak bertindak secara sempurna, sehingga masih ada sisa-sisa metabolisme yang tertinggal di dalam tubuh dan menjadi toksin.

Selain itu, dengan berpuasa berat badan jadi lebih terjaga. Meningkatkan sistem imun tubuh. Menghilangkan selulit dan membuat tubuh menjadi lebih segar. "Jadi dengan puasa, tubuh bisa sehat. Sekaligus bisa meningkatkan keimanan kita. Selain itu, yang berpuasa juga dapat pahala karena melaksanakan sunnah Nabi Muhammad SAW," ujarnya, kemarin. (jum)

resume
- rutin senam dan jogging tiga kali sepekan
- bersepeda setiap hari Jumat, Sabtu, dan hari libur
- Menghindari makanan berlemak
- Rutin mengonsumsi buah dan sayur
- Memperbanyak minum air putih
- Rutin minum the hijau

Data Diri
Nama: Dr Ir Hj A Majdah Muhyiddin Zain Msi
Lahir: Yogyakarta, 25 November 1964
Pekerjaan: Rektor Universitas Islam Makassar
Suami: Agus Arifin Nu'mang
Anak:
Pendidikan: S1-S3 di Universitas Hasanuddin
Organisasi:
- Ketua Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Utama Sulawesi Selatan (Sulsel)
- Ketua BKOW Provinsi Sulsel
- Wakil Ketua I TP PKK Sulsel
- Wakil Ketua Muslimat NU Sulsel
Hobi: Olahraga, membaca, dan memasak

Komentar