Jelang Studi Lapang, Unsa Bentuk Panitia


Makassar, Tribun - Menjelang masa studi lapang bagi mahasiswa 2010, Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar membentuk panitia dari kalangan dosen.

Pembantu Dekan I FISIP Unsa, Moh Yahya Mustafa MSi, diberi amanat menjadi Ketua Panitia Studi Lapang Mahasiswa Unsa 2010. Sedangkan Dety Sudlanjari MSi dipilih sebagai sekretaris dan Umar Kamaruddin MSi sebagai bendahara.

"Insya Allah pelaksanaan studi lapang direncanakan dilakukan pertengahan Februari 2010 mendatang. Lama studi lapang ini hanya dua hari," jelasnya di Makassar, Jumat (29/01/2010).

Jumlah mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan rutin tahunan itu mencapai kurang lebih 120 orang. Para peserta ada yang berasal dari FISIP, fakultas hukum, sastra, dan teknik. Studi lapang ini termasuk bagian dari proses pembelajaran yang wajib diikuti para mahasiswa sebelum mereka mengikuti KKN.

"Ada beberapa lokasi pelaksanaan yang kami rencanakan. Di antaranya di Kecamatan Galesong di Kabupate Takalar, Pulau Lumu-Lumu Makassar, dan Camba di Maros. Mana yang pasti lokasinya, masih akan dirapatkan oleh panitia," jelas Yahya yang juga alumnus Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin ini.

Menurut Yahya, studi lapang tersebut dimaksudkan untuk mendekatkan mahasiswa dengan masyarakat. Juga dimaksukan untuk menguji teori-teori yang didapatkan selama dalam proses perkuliahan di kampus dengan kenyatan yang ditemukan di lapangan.

"Intinya mahasiswa diajak untuk mengamati hubungan antara dunia nyata dengan teori yang didapatkan dalam bangku perkuliahan," papar Yahya. (jum)

Catatan: Terbit di Tribun Timur edisi 20 Januari 2010
Sumber foto: Dokumen Yahya Mustafa

Komentar