PDAM Makassar Belum Sanggup Layani Barombong

MAKASSAR, TRIBUN - Warga yang bermukim di Kelurahan Barombong, Kecamatan Tamalate, Makassar, mesti lebih bersabar. Pasalnya, distribusi air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Makassar ke pemukiman warga Barombong tahun ini belum bisa direalisasikan.

Pasalnya, PDAM belum bisa membuat jaringan pipa ke wilayah yang kini mulai banyak dijadikan lokasi perumahan baru. Menyusul, proyek pembangunan jaringan pipa tersebut belum punya dana yang bersumber dari PDAM.

"Tahun 2010 ini, kami juga belum membuatkan rencana kerja anggaran perusahaan (RKAP) untuk proyek tersebut. Jadi kami berharap masyarakat Barombong untuk bersabar," jelas Humas PDAM Makassar Jufri Sakka yang dikonfirmasi melalui telepon selularnya, Jumat (2/4/2010) malam.

Penegasan Jufri itu menjawab pertanyaan sejumlah warga Barombong yang menanyakan kapan mereka juga bisa memperoleh air bersih dari PDAM.

Namun jangan pesimis dulu. Sebab menurut Jufri, jajaran manajemen PDAM Makassar sedang berupaya dan sudah membuat master plan untuk pengadaan pipa di wilayah Barombong yang berbatasan dengan Kabupaten Gowa tersebut.

"Master plannya sudah kami serahkan ke Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulawesi Selatan hingga ke Departemen PU di Jakarta," papar Jufri. (fik/jum)



Prioritaskan Biringkanaya dan Sekitarnya


JUFRI Sakka menambahkan, pada tahun 2010 ini, PDAM Kota Makassar menargetkan jumlah pasang baru sebanyak 7.450 unit. Target pasang baru ini lebih besar dari tahun 2009 yang terealisasi 6.000 unit.

Namun untuk penambahan pasang baru itu, PDAM memprioritaskan sambungan langganan (SL) bagi warga yang bermukim di wilayah Barat dan Selatan Kota Makassar.

Wilayah dimaksud di antaranya Kecamatan Tamalanrea, Biringkanaya, dan Kecamatan Manggala. Hal ini dimungkinkan karena di wilayah ini kondisi tekanan airnya sangat baik.

"Namun bukan berarti bahwa mereka yang bermukim di wilayah timur dan utara kota diabaikan. Hanya saja harus betul-betul dikaji tekanan airnya," papar Jufri melalui ponselnya, tadi malam. (fik/jum)

Data Tambahan
- Target pasang baru 2010 sebanyak 7.450 unit
- Jumlah pelanggan PDAM Makassar hingga Februari 2010, tercatat 146.526 SL


Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Sabtu, 3 April 2010

Komentar