Kopertis Sediakan Dana Penerbitan Buku

Bagi Dosen yang Berminat Menulis Buku Ajar

Makassar, Tribun - Kopertis Sediakan Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) Wilayah IX Sulawesi akan menyediakan dana bagi dosen yang berminat membuat buku ajar. Khusus untuk tahun 2011 mendatang, kopertis menyediakan dana untuk membiayai penerbitan 25 judul buku.

Selain itu, mulai 2011 nanti kopertis akan rutin menerbitkan jurnal ilmiah untuk lima bidang ilmu yakni ekonomi, hukum, kesehatan, sospol, dan pertanian. Jurnal ilmiah ini direncanakan terbit dua kali setahun.

"Selain itu, kopertis juga akan menyediakan dana penelitian bagi dosen-dosen muda untuk pembuatan 36 judul penelitian selama 2011 mendatang," ujar Sekretaris Kopertis Wilayah IX Sulawesi Ibrahim Saman MM saat ditemui di kantornya di Jl Bung, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Kamis (30/12/2010).

Salah satu syarat mendapatkan bantuan dana penerbitan buku ajar dan penelitian tersebut, papar Ibrahim, yang bersangkutan adalah Dosen Dipekerjakan Kopertis IX Sulawesi dan dosen tetap yayasan tersebar di 346 perguruan tinggi swasta (PTS) se-Sulawesi.

Selain itu, tambahnya, kopertis juga tetap membuat penerbitan internal, pelatihan penulisan artikel ilmiah, lomba debat bahasa Inggris, dan pelatihan jurnalistik dasar. Pelatihan- pelatihan ini ada yang ditujukan khusus untuk dosen dan ada pula untuk mahasiswa.

"Program-program tersebut merupakan bagian dari upaya meningkatkan mutu SDM bagi dosen dan mahasiswa PTS yang bernaung di bawah Kopertis IX Sulawesi," bebernya. (jumadi mappanganro)
Akan Gelar Raker di Bone

Kopertis Wilayah IX Sulawesi akan menggelar rapat kerja (raker) pada 4-6 Januari mendatang. Kali ini raker akan digelar di Tanjung Palette, Kabupaten Bone.

Pada raker tersebut rencananya dihadiri seluruh pegawai kopertis dan unit-unit pengembangan lingkup kopertis. Jumlahnya sekitar 100 orang. Pimpinan PTS se-Kabupaten Bone juga dijadwalkan hadir.

"Pada raker ini, beberapa kegiatan yang akan kami lakukan di antaranya evaluasi program kopertis selama 2010. Juga pemantapan program 2011, perencanaan program 2012, dan pembahasan tentang revitalisasi unit-unit pengembangan Kopertis IX," ujar Ibrahim di kantornya, kemarin. (jum)

Catatan: Tulisan di atas dimuat di Tribun Timur edisi Jumat, 31 Desember 2010

Komentar