Diundang ke Malaysia Bicara tentang Kebabasan Pers


KOORDINATOR Komite Perlindungan Jurnalis dan Kebebasan Berekspresi Upi Asmaradhana diundang ke Malaysia. Di negeri Jiran ini, Upi akan menghadiri menghadiri Konferensi Perlindungan Hukum Media III di Asia Tenggara.

Konferensi ini digelar atas kerja sama Media Defence South East Asia, American Bar Association, Rule of Law Program, Konrad Adenauer Stiftung, Media Legal Defense Initiative, Centre fo Independent Journalism and University of Malaya.

Konferensi ini akan berlangsung mulai 27 hingga 30 Juli di Hotel Meridian, Kualalumpur, Malaysia. Konferensi ini membahas tentang Perlindungan Media dan Tantangannya di Asia Tenggara.

Selain Upi, sejumlah aktivis pers, pengacara, dan akademisi dari Indonesia juga diundang menghadiri acara ini. Di antaranya adalah Todung Mulya Lubis (mewakili pengacara media), Direktur LBH Pers Jakarta Hendrayana, Wakil Ketua Dewan Pers Bambang Harimurti, dan Asep Komaruddin dari AJI Indonesia.

Upi telah meninggalkan Makassar menuju Jakarta, Senin (25/7) pagi. Selanjutnya dari Jakarta ke Malaysia dijadwalkan Selasa (26/7/2011) hari ini.

"Pertemuan tahunan ini baru kali ini ada wakil dari Indonesia timur yang diundang menghadiri acara ini. Ini menunjukkan bahwa dinamika pers di Makassar itu mendapat perhatian dunia internasional," ujar Upi yang ditemui Warkop 76, Makassar, Minggu (24/7/2011) malam.

Menurut Upi, mengikuti konferensi ini banyak manfaatnya. Di antaranya karena pada konferensi tersebut peserta akan berbagi pengalaman tentang tentang dinamika dan tantangan kebebasan pers dan berekspresi di sejumlah negara Asia Tenggara. (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas dimuat di Tribun Timur edisi Selasa, 26 Juli 2011. Sumber foto: facebook Upi Asmaradhana.

Komentar