Training Instrument Cheklist bagi Surveyor di Bandung


HUJAN menyambut kami saat tiba di Hotel The Jayakarta Suites, Jumat (18/5/2013) sore. Hotel bintang lima ini terletak di Jl Ir H Juanda, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Hotel ini rupanya bagian dari The Jayakarta Group yang didirikan Mr Sjukur Pudjadi.

Butuh waktu sekitar empat jam lebih perjalanan mengendarai mobil dari Bandara Soekarno-Hatta hingga kami tiba di hotel ini. Padahal kami melintas di jalan tol. Ini kali kedua saya menginjakkan kaki di Kota Paris Van Java ini. Kali pertama 2006 lalu.
 


Kali ini saya datang dalam rangka mengikuti Training Instrument Cheklist bagi Surveyor untuk Survei Indeks Persepsi Penyedia terhadap Kinerja Pengadaan Barang dan Jasa Publik. Acara ini digelar di Hotel The Jayakarta selama tiga hari, 17-19 Mei 2013. Acara ini merupakan hajatan Kemitraan bekerja sama dengan Lembaga Studi Pers dan Pembangunan (LSPP). Didukung Siemens.

Pelatihan ini diikuti lebih 20-an jurnalis. Datang dari beberapa kota di Indonesia. Di antaranya Medan, Jakarta, Bandung, Jogyakarta, Jawa Tengah, Surabaya, Makassar, dan Papua. Jurnalis dari Makassar yang ikut pelatihan ini adalah Syarief Amir (Pemimpin Redaksi celebesonline.com), Kamaluddin (CelebesTV), M Darwin Fatir (KBN Antara Biro Sulsel), M Nur Yakin (Seputar Indonesia Biro Sulsel), dan saya.

Kegiatan yang kami ikuti kali ini merupakan lanjutan dari Training of Training (ToT) Peliputan dan Pengawasan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) yang digelar Oktober 2012 lalu. Kala itu digelar di Hotel Santika, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang. Provinsi Banten.

Pada ToT tersebut saya dan Syarief Amir juga ikut. Saat ToT lalu, selain jurnalis juga diikuti komisioner ombudsman dari beberapa provinsi. Sedangkan training lanjutan kali ini khusus diikuti para jurnalis. Sama kegiatan lalu, seluruh biaya perjalanan pergi pulang dan akomodasi selama training di Kota Bandung ditanggung penyelenggara. Asyik juga. (*)


TRIBUN JABAR - Membaca koran Tribun Jabar di lobi Hotel The Jayakarta Suite, Bandung, Minggu (19/5/2013) pagi. 

Komentar