Cara Andi Muslihin Bina Anak


ANDI Muslihin bersama rombongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo datang di Kantor Tribun Timur, Jl Cenderawasih No 430, Makassar, Selasa (17/12/2013) sore. Kehadiran Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Wajo ini atas undangan awak redaksi Tribun Timur.

Muslihin dan rombongan diundang dalam rangka diskusi dengan awak redaksi terkait program kerja Pemkab Wajo menyambut tahun 2014. Dari redaksi Tribun Timur hadir Kak Insan Jalil, Kak AS Kambie, Ridwan Putra, dan saya. 

Mungkin karena penampilannya yang terkesan gaul, muda, dan necis saat itu, Kak Kambie mengusulkan agar Muslihin dibuatkan tulisan untuk rubrik Tribun Life. Usulan Kak Kambie itu disampaikan ke saya melalui BlackBerry messenger (BBM). Saat saya membaca pesan itu, Muslihin masih terlihat serius memaparkan beberapa program kerja Pemkab Wajo kepada kami. 

Karena reporter belum ada yang datang di kantor, maka usai memberi pemaparan, saya langsung meminta izin untuk memawawancarai. Alhamdulillah, lelaki yang hobi main tenis lapangan ini bersedia. 

Berikut di bawah ini hasil wawancara saya dengannya yang dimuat di Tribun Timur edisi cetak Rabu, 18 Desember 2013. 





Beri Kemerdekaan Anak Memilih

ANDI Muslihin termasuk satu di antara orangtua yang memberi kemerdekaan pada anaknya dalam hal memilih cita-cita. Berat memang. Tapi itulah yang kini diterapkan dalam keluarganya. 

 
Sebenarnya jika sesuai keinginan, Muslihin mau anak pertamanya itu mendaftar ke fakultas kedokteran setamat SMA. Ia berharap kelak putra sulungnya yang bernama AM Akbar Al Fajri  bisa jadi dokter. Kalau bukan dokter, ia ingin anak itu masuk Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).


Tapi saat menyampaikan harapannya itu, anaknya menolak. Anaknya punya pilihan beda. Dia memilih kuliah di STT Telkom di Bandung.

“Apa boleh buat, ya kami orangtuanya harus mendukung pilihannya. Kami merasa saatnya orangtua memberi kemerdekaan pada anak untuk menentukan masa depannya,” tutur Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Wajo ini saat bertandang di kantor Tribun, Makassar, Senin (16/12).



Walau memberi kemerdekaan kepada anaknya dalam hal memilih profesi, tetapi pembinaan kepada anak tidak boleh diabaikan. Begitu prinsipnya. Peran ibu sangat penting dalam hal pembinaan ini. Meski anaknya sekolah di Pulau Jawa, tetapi komunikasi Muslihin dan istrinya dengan anaknya terjalin baik meski hanya lewat telepon. 


"Prinsip saya, di mana pun bersekolah asalkan bersungguh-sungguh pasti berguna," tutur alumnus SMA LPP UMI ini. (jumadi mappanganro)


Main Tenis 3 Kali Sepekan
UNTUK menjaga kesehatannya, Andi Muslihin rutin berolahraga. Ada dua olahraga kesukaannya yakni bermain tenis dan bersepeda.

“Kalau ada waktu longgar, saya biasa main tenis tiga kali sepekan. Jika bersepeda, saya paling sering akhir pekan,” tuturnya saat bertandang di kantor Tribun, Makassar, Senin (16/12) lalu.

Sedangkan untuk refreshing, ia bersama istri dan anak-anaknya sesekali menyempatkan jalan bersama ke tempat wisata atau tempat makan. Kendati diakuinya, kesempatan jalan bersama istri dan anak-anaknya tak bisa sering.

“Kadang juga kami sama-sama jalan-jalan ke mal di Makassar,” ujar pria yang juga punya rumah di Makassar ini.

Ditanya, soal apa yang akan dilakukannya kelak jika pensiun, pria yang pernah bercita-cita menjadi prajurit TNI ini berencana memilih menjadi petani.

“Saya ini kan keluarga petani. Basic pendidikan saya juga ada hubungannya dengan pertanian. Jadi saya merasa jadi petani cocoklah saat pensiun nanti,” katanya lelaki yang tak ingin berpartai politik saat pensiun. (jum) 



Data Diri
Nama: Andi Muslihin
Lahir: Wajo, 31 Desember 1967
Pekerjaan: PNS
Jabatan: Kepala Bappeda Kabupaten Wajo (April 2009-sekarang)

Riwayat Pendidikan
SD-SMP: Majauleng, Wajo
SMA LPP UMI:
- S1: Studi Pembangunan FE UMI
- S2 : Kebijakan Pembangunan Program Pascasarjana Unhas


Organisasi
- KNPI Wajo
- MKGR
- HMI

Keluarga
Ayah: Makkarupa (alm),  St Saleha
Istri:  Andi Rini
Anak: AM Akbar Al Fajri (17), AM Ikbal Cahyana Eka Putra (16), AM Yasin Azhari (7)

Rumah
Alamat: Jl Rusa BTN TaE, Sengkang, Wajo

style
Makanan favorit: coto
Kue kesukaan: barongko, kue Bugis
Maskapai: Garuda dan Lion Air
Tempat liburan: mal
Buku bacaan favorit: ekonomi + sejarah nabi
Jam tangan: Aigner
Parfum: Armani


Komentar