Wisata di Raja Ampat Mulai Rp 5 Juta

Catatan 4 Malam di Papua Barat






RAJA AMPAT, TRIBUN-TIMUR.COM - Berminat wisata ke Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat? Jika iya, maka sediakan dana minimal Rp 5 juta per orang untuk lama wisata empat hari tiga malam di Raja Ampat.

Biaya Rp 5 juta tersebut sudah termasuk ongkos naik pesawat Garuda pergi pulang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin ke Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong, Provinsi Papua Barat.


"Juga sudah termasuk ongkos menginap tiga malam di resort. Plus makan minum tiga kali sehari. Juga sudah bisa menikmati snorkling dan sekali diving," ujar Harly Lafian saat ditemui di Waiwo Dive Resort, Minggu (24/11/2013) siang.


Harly adalah Managing Director Suitatour, agen perjalanan wisata asal Kota Makassar. Sementara Waiwo Dive Resort adalah satu di antara resort yang ada di Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat.

Ismi melintas di Waiwo Dive Resort, Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Minggu (24/11/2013). Biaya menginap di resort ini mulai Rp 650 ribu per orang per malam.
Waiwo Dive Resort ini terletak sekitar empat kilometer dari Pelabuhan Waisai  dan hanya berjarak sekitar dua kilometer dari Bandara Marinda.

"Jika dari luar Kota Makassar disesuaikan saja biaya tiket dari lokasi asal ke Bandara Sultan Hasanuddin pergi pulang," tambah Harly.


Namun menurut Harly, biaya mulai Rp 5 juta per orang untuk tiga malam empat hari itu hanya paket wisata dengan pelayanan standard. Cocok bagi mereka yang suka wisata backpacker.


Jika mau menikmati paker tur dengan mengunjungi sejumlah lokasi wisata lainnya yang tersebar di beberapa pulau di Raja Ampat, tentu ada tambahan biaya.

Raja Ampat Dive Lodge, Pulau Mansour, Raja Ampat. Diabadikan, Sabtu (23/11/2013).

Pengelola Raja Ampat Dive Lodge misalnya menawarkan paket tur mulai 250 hingga 300 USD atau Rp 2,7 juta hingga Rp 3,3 juta (kurs 1 USD= Rp 11 ribu) sehari untuk satu orang. Biaya tersebut dihitung sejak dijemput di Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong.

"Paket ini sudah termasuk biaya resort semalam. Plus makan minum tiga kali sehari dan tur ke pulau-pulau. Juga include diving hingga empat kali sehari," ujar Bu Tri, pengelola Raja Ampat Dive Lodge. (*)


Penulis: jumadi mappanganro

Komentar