Dari Buku Hukum, Novel, Hingga Filsafat

MEMBACA buku apa saja adalah hobi Dr Muhammad Hasrul SH MH. Maklum, berprofesi sebagai dosen pada Fakultas Hukum Unhas, menuntutnya selalu harus membaca. Apalagi, katanya, kini mahasiswa makin kritis.

Makanya, walau aktivitasnya tergolong sibuk di beberapa organisasi, Hasrul selalu saja menyempatkan membaca materi ajar dan selalu meng-update pengetahuan hukumnya.

“Soalnya kalau kita tidak kuasai juga materi ajar dan tidak update dengan perkembangan hukum, bisa-bisa kita ditinggalkan mahasiswa dan yakin saja susah berdialog dengan mahasiswa,” tutur lelaki yang akrab disapa Lulu ini saat berbincang dengan Tribun via BBM, baru-baru ini.

Asrul rupanya juga tak hanya rajin membaca buku-buku berkaitan dengan hukum. Tapi juga hobi membaca buku-buku sosial, sastra, novel, filsafat, hingga buku religi. Namun dari sekian buku yang pernah dibacanya, ada tiga buku yang dianggapnya sangat menginspirasinya.

Ketiga buku itu adalah Wajah Peradaban Barat karya Aidan Husaini, Dunia Sophie karya Jostein Garder, dan novel Master Of The Game karya Sidney Sheldon.

“Kalau boleh memberi rekomendasi, saya sarankan yang lain baca juga buku ini. Saya yakin, mereka yang baca tiga buku ini tak akan menyesal,” kata Ketua Umum Pemuda Justitia Sulsel ini. (jumadi mappanganro)


Jalan-jalan ke Mal


Bagi Hasrul, jalan-jalan sembari makan di mal bersama istri dan anak, kerap ia sempatkan pada akhir pekan. Namun itu dilakukan jika tak sedang tugas ke luar Kota Makassar.

“Kalau orang sudah berkeluarga, wisata bersama istri dan anak justru paling membahagiakan. Itu juga cara kami memelihara keharmonisan rumah tangga,” katanya menjawab pertanyaan Tribun via BBM, baru-baru ini.

Cara lain menjaga keharmonisan keluarga, katanya, ia berusaha maksimal tetap banyak berkomunikasi dengan istri dan anak-anak. Kendati sedang sibuk maupun lagi tugas ke luar Makassar.  Boleh juga. (jum)

= ==

Data diri
Nama lengkap: Dr Muh Hasrul SH MH
Nama sapaan akrab: Lulu
Lahir: Gowa, 18 April 1981

Pendidikan
SD Inpres Karampuang, Kabupaten Gowa
SMP Negeri 1 Limbung, Kabupaten Gowa
SMU Negeri 8 Makassar
Fakultas Hukum Unhas (S1)
Program Pascasarjana Unhas (S2 dan S3)

Organisasi:
- Wakil Ketua KNPI Provinsi Sulsel Bidang Hukum HAM & Lingkungan Hidup
- Ketua Umum Pemuda Justitia Sulsel
- Andalan Daerah Gerakan Pramuka Kwarda Sulsel
- Pengurus ICMI Sulsel
- LBH Korpri

Keluarga
- Istri: Nila Martini Spd
- Anak: Sophia Aluna Azzahra

Orangtua
- Ayah: P Bantang
- Ibu: St Harmi

Style
- Buku yang direkomendasikan: Wajah Peradaban Barat karya Aidan Husaini, Buku Dunia Sophie karya Jostein Garder, Novel Master Of The Game karya Sidney Sheldon
- Merek jam tangan: Lamborghini
- Maskapai yang sering digunakan: Garuda Airlines
- Asuransi : Askes dan PT Cigna Insurance
- Tim bola kesukaan: FC Barcelona
- Makanan kesukaan: Seafood dan Suki
- Tempat kongkow favorit: Black Canyon 

(Catatan: tulisan di atas terbit di Tribun Timur, Jumat 30 Mei 2014)
 


Komentar