Menerima Senior Media Specialist Kinerja-USAID

Pada Jumat (3/4/2015) sekitar pukul 14.30 wita, saya menerima kunjungan Senior Media Specialist Kinerja-USAID Firmansyah S Hamdani di kantor Tribun Timur, Makassar. Ia ditemani Direktur Eksekutif Perkumpulan Jurnal Celebes (JC) Mustam Arif dan beberapa pengurus JC. 

Senior Media Specialist Kinerja-USAID Firmansyah S Hamdani (tengah)  bersama pengurus Jurnal Celebes saat berkunjung di Kantor Tribun Timur, Makassar, Jumat (3/4/2015). 

Ini kunjungan kedua Firmansyah ke kantor Tribun Timur. Kunjungan pertama dilakukan pada Mei 2013 lalu. Ketika itu ia datang dalam rangka menyampaikan pelaksanaan Festival Jurnalisme Warga yang digelar di Kampus Universitas Hasanuddin, Makassar.

Sedangkan pada kunjungannya kali kedua ini, ia bermaksud menyampaikan pelaksanaan Pemutaran dan Diskusi Film Dokumenter berjudul Tiga Mama, Tiga Cinta. Acara ini berlangsung di Rumata Art Space, Jl Bontonompo No 12, Kelurahan Gunung Sari, Kota Makassar. 

Film berdurasi 65 menit tersebut menceritakan tiga perempuan Timika, Papua, yang membantikan dirinya untuk masyarakat di sekitarnya. Ketiga perempuan ini berlatarbelakang beragam. Ada suster, kader, dan konselor. Mereka berusaha memberikan pelayanan kesehatan ideal dengan caranya masing-masing. 
Firmansyah menjelaskan, film dokumenter tersebut merupakan asli karya warga Papua. Namun sebelum pembuatan film itu, mereka terlebih dulu menjalani pelatihan tentang jurnalisme warga dan pembuatan film dokumenter. 

Pelatihan itu dilakukan pada empat komunitas lokal di Papua yakni Komunitas Hiloi (Sentani), Komunitas Riyana Waena (Jayapura), Komunitas Rumah Bina (Wamena), dan Komunitas Yoikatra (Timika).

"Acara ini merupakan bagian dari Program Media untuk Papua Sehat yakni program pendidikan literasi media berbasis media yang digagas Forum Lenteng dengan dukungan Kinerja-USAID,” ujar Firmansyah. (jumadi mappanganro)

Makassar, April 2015

Komentar