Menengok Panda di Kota Asalnya



Pengunjung memotret panda di Chengdu Panda Research Base, Kamis (14/4/2016). Lokasi ini berada di Chengdu, ibu kota Provinsi Sichua, China, 

JIKA sedang berkunjung ke Chengdu (baca Chen Tu), ibu kota Provinsi Sichuan, China, belum sah jika tak menengok Chengdu Panda Research Base. 


Lokasi dimaksud adalah tempat penelitian, pemeliharaan dan pengembangbiakan panda, beruang khas China.

Makanya saat datang di Chengdu, saya yang tergabung dalam rombongan SilkAir Indonesia Fam Trip to China menyempatkan berkunjung ke Chengdu Panda Research BaseKamis (14/4/2016).

"Jumlah panda di seluruh dunia kini tak lebih 1.600 ekor. Lebih setengahnya ada di Sichuan," jelas Lui (32), pemandu kami selama trip ke China 13-17 April 2016.

Maka bisa dimaklumi jika hewan langka itu menjadi maskot Chengdu. Chengdu Panda Research Base memiliki luar sekira 27 hektar. Setiap hari, ribuan orang berkunjung ke tempat ini. 

Rombongan Silk Air Fam Trip to China di Chengdu Panda Research Base, Kamis (14/4/2016)



Pengelola menyediakan angkutan khusus untuk berkeliling dalam kawasan ini. Moda angkutan khusus ini dirancang terbuka dan sengaja dilajukan agak lambat.

Hal itu dimaksudkan agar penumpang leluasa melihat panda-panda itu beraktivitas. Penumpang juga disilakan naik turun, tanpa bayaran. Cukup membeli tiket masuk. 

Untuk masuk di pusat penelitian, pemeliharaan dan pengembangbiakan panda ini dikenakan tarif 58 Yuan atau setara Rp 116 ribu per orang. 

Pohon-pohon bambu tumbuh subur di kawasan ini. Membuat kawasan ini makin teduh. Enak juga untuk jalan kaki menyusuri area ini.



Ke lokasi ini hanya sekitar 30 menit naik bus dari Holiday Inn Express, tempat kami menginap di pusat kota Chengdu. Kalau dari Bandara Internasional Chengdu Shuangliu ke lokasi tersebut hanya sekira sejam naik bus. 

Maka bisa dimaklumi jika paket tur yang ditawarkan agen-agen travel ke Chengdu, pasti memasukkan Chengdu Panda Research Base sebagai destinasi utama yang wajib dikunjungi para pelancong.

Tapi disarankan mengenakan jaket selama berada Chengdu. Sebab suhu di kota ini lumayan dingin. Kisaran 10-25 derajat Celcius. Lebih dingin sedikit dari Malino, Kabupate Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rombongan Silk Air Fam Trip to China di Chengdu Panda Research Base, Kamis (14/4/2016)

Maklum, Chengdu terletak di dataran yang cukup tinggi dan dikelilingi oleh gunung. Rata-rata sekira 500 mdpl. Lokasi tepatnya antara 102°54 – 104°53 BT 30°5 – 31°26 LU. 

Rombongan SilkAir Indonesia Fam Trip to China kali ini terdiri 21 agen perjalanan wisata dan jurnalis dari beberapa kota di Indonesia. Di antaranya dari Kota Makassar, Medan, Bandung, Yogyakarta, dan Pekanbaru. (jumadi mappanganro)

Chengdu, 14 April 2016

Koleksi foto-foto di bawah ini saya abadikan saat ke Chengdu Panda Research Base, Provinsi Sichuan, China, pada 14 April 2016 lalu. 








Komentar