Pesona Jelang Mendarat di Jiu Huang Airport

Air China di Jiu Huang Airport,  Jiuzhaigou, Provinsi Sichuan, China, Kamis (14/4/2016). Bandara ini terletak di atas pegunungan dengan ketinggian lebih 3.500 mdpl. 

SICHUAN Airlines yang kami tumpangi akhirnya tiba di Jiu Huang Airport, Kamis (14/4/2016) sore.

Saya yang bergabung dalam rombongan SilkAir Indonesia Fam Trip to China sempat kaget saat mendengar banyak penumpang ‘ribut’ saat pesawat akan mendarat.

Rupanya ‘keributan’ itu karena sejumlah penumpang melontarkan kekagumannya melihat deretan pegunungan dengan puncak salju abadi. Saya juga kaget sekaligus terkesima karena pegunungan dengan puncak salju itu justru terlihat sangat dekat dari jendela pesawat.

Ternyata letak Jiu Huang Airport berada di atas gunung. Dengan ketinggian lebih 3.500 meter di atas permukaan laut (mdpl). Juga dikelilingi pegunungan dengan puncak salju abadi. Masuk wilayah Jiuzhaigou (baca: ciucaikou), Provinsi Sichuan, China.

Lokasi yang kami datangi ini berada sekira 400 km di sebelah utara Chengdu. Untuk tiba di
Jiu Huang Airport, butuh sekira 45 menit penerbangan dari Bandara Internasional Chengdu Shuangliu, Cengdu.

Saya dan Marko asal Yogyakarta di Jiu Huang Airport, Kamis (14/4/2016)

Di daerah ini cuaca sangat dingin. Kisaran 5-15 derajat Celcius. Makanya sejak tiba di Jiu Huang Airport, Jiuzhaigou, rombongan mengenakan jaket tebal, kaos tangan hingga syal.

Dibanding Jiu Huang Airport, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Makassar masih lebih bersih dan megah.

Lalu dari Jiu Huang Airport, rombongan SilkAir Indonesia Fam Trip to China diangkut bus menuju Hotel New Jiuzhai, tempat kami menginap malam pertama di Jiuzhaigou. Butuh sekira dua jam perjalanan dari bandara ke Hotel New Jiuzhai.

Sebelum tiba di hotel, rombongan yang terdiri atas agen travel dan jurnalis dari Makassar, Medan, Bandung, Riau, dan Yogkarta sempat mampir di pemukiman warga suku Tibet. Beberapa warga yang mengenakan pakaian khas Tibet menawarkan dagangannya ke kami. (jumadi mappanganro)

Jiuzhaigou, 14 April 2016








Komentar