Memacetkan, Warga Keluhkan Traffic Light Depan Kantor Gubernur


- Menyoal Traffic Light di Makassar (1)

(Sumber: Tribun Timur, Selasa, 7 Juli 2009 )

KEBERADAAN traffic light mestinya adalah untuk memperlancar arus lalu lintas. Tapi traffic light yang ada di pertigaan Jl Urip Sumoharjo-Jl Racing Centre atau depan Kantor Gubernur Sulawesi Selatan justru menjadi masalah.

Sejak traffic light itu berfungsi, telah menimbulkan kemacetan total seperti yang terjadi pada Minggu (5/7) malam lalu. Pada malam itu, kemacetan terjadi mulai depan Kampus Universitas 45 hingga depan Taman Makam Pahlawan (TMP) Panaikang.

Saking macetnya, kendaraan seperti mobil terpaksa menghabiskan waktu lebih tiga jam hanya untuk sampai di perempatan Jl Urip Sumorhajo-AP Pettarani dari depan TMP Panaikang atau sebaliknya. Padahal, normalnya hanya dibutuhkan waktu kisaran lima hingga 10 menit.

"Saya benar-benar jengkel. Kok ada traffic light justru tambah memacetkan. Waktu sebelum ada traffic light tersebut, lancar-lancar saja," ujar Hj Ratna, yang malam itu mengemudikan mobil dan terjebak kemacetan, kemarin.

Sejumlah pengendara lain yang pada malam itu juga terjebak macet mengeluhkan hal serupa. Penulis juga berada di antara korban kemacetan tersebut.

Mestinya Dinas Perhubungan Kota Makassar sebagai penanggungjawab dan pengelola traffic light yang ada di kota ini belajar dari pengalaman sebelumnya. Salah satu contohnya adalah keberadaan traffic lightht yang dipasang di perempatan Jl Perintis Kemerdekaan Km 11-Jl Wesabbe atau depan pintu dua Kampus Universitas Hasanuddin, Kecamatan Tamalanrea.

Keberadaan traffic light tersebut pernah menjadi masalah dan dikeluhkan warga Kota Makassar. Pasalnya, keberadaan traffic light itu justru makin kerap memacetkan arus lalu lintas di jalan tersebut.

Untungnya setelah beberapa bulan berfungsi dan makin banyak yang mengeluhkan, Pemerintah Kota Makassar kemudian mengambil keputusan tidak memfungsikan kembali traffic light tersebut. Arus lalu lintas dari RS Regional Dr Wahidin Sudirohusodo tak boleh lagi langsung mengarah ke kota atau ke Jl Wesabbe atau sebaliknya. Hasilnya, arus lalulintas kembali lancar. (jumadi mappanganro)

sumber foto: http://www.goodexperience.com/broken/images/2007/04/06/traffic_lights.jpg

Komentar