KH Syukri Daeng Limpo Wafat


Makassar, Tribun - Umat Islam, khususnya keluarga besar Persyarikatan Muhammadiyah Sulawesi Selatan, berduka. Ulama kharismatik Makassar, KH Syukri Daeng Limpo, berpulang ke Rahmatullah, Rabu (21/7/2010) sekitar pukul 01.55 wita. Hari itu juga, jenazah almarhum dimakamkan di kampung halamannya di Kabupaten Takalar.

Sebelum wafat, pengurus organisasi Persyarikatan Muhammadiyah ini sakit dan dirawat beberapa pekan di Rumah Sakit Islam Faisal, Makassar. Semasa hidupnya, almarhum kerap mengisi acara Dialog Masalah Islam (Damai) di Radio Gamasi FM Makassar.

Lewat acaranya yang disiarkan setiap hari itu, mantan Kepala Kantor Departemen Agama (Kakandepag) Kabupaten Maros itu memiliki banyak penggemar. Warga Jalan Landak Baru, Makassar, ini pun kerap mengisi acara pengajian yang digelar majelis-majelis taklim.

Mengetahui kabar duka itu, Ketua Pemuda Muhammadiyah Sulsel Abdul Rachmat Noer menulis di jaringan sosial facebook-nya: Umat Islam sangat kehilangan ulama yang luas ilmunya. Dan dunia pun menangis mengiri kepergiannya. Selamat jalan, insya Allah pintu syurga telah terbuka menunggu kehadiranmu. Keluarga besar Muhammadiyah Sulsel kehilangan ulama besar yang juga guru rakyat. (jum)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Selasa, 22 Juli 2010

Komentar