Kritik Penyelenggaraan Sepeda Santai


KETUA Komunitas Sepeda Mamminasata Andi Mappaware Nuhung memberi apresiasi positif terkait makin maraknya instansi dan organisasi kemasyarakatan di Kota Makassar yang ikut mengampanyekan pentingnya aktivitas bersepeda.

Namun disesalkan karena beberapa penyelenggaraan sepeda santai (fun bike) di kota ini tak konsisten dengan misi kampanye bersepeda. Betapa tidak, katanya, pada beberapa penyelenggaraan fun bike itu, panitia menyediakan hadiah sepeda motor. Bahkan ada yang sampai memberi hadiah mobil.

"Padahal tujuan fun bike itu kan adalah menyosialisasikan dan mengajak sebanyak mungkin masyarakat untuk bersepeda. Minimal masyarakat senang bersepeda dibanding naik kendaraan bermotor," papar pengusaha developer ini, Jumat (9/7).

Misi utama lain dari kampanye bersepeda tersebut, tambahnya, adalah agar lingkungan kehidupan kita bisa terbebas dari polusi suara, lebih-lebih lagi polusi udara.

"Nah kalau fun bike itu berhadiah kendaraan bermotor, apakah itu sesuai misi kampanye bersepeda? Bagi saya itu hanya sekadar hura-hura tanpa visi dan misi yang jelas. Kasihan tenaga waktu yang sia-sia, tanpa pencapaian apa-apa," katanya.

Karena itu, ia menyarankan pada penyelenggaraan sepeda santai yang akan digelar sebaiknya hadiahnya sepeda atau aksesoris sepeda. Bukan kendaraan bermotor yang justru bertentangan dengan kampanye sepeda sehat untuk mengurangi polusi. (jumadi mappanganro)



Catatan: foto dikopipaste dari facebook milik Andi Mappaware Nuhung

Komentar