Mengenal Lebih Dekat UKM Seni UMI

(Sumber: tribun-timur edisi Jumat, 10 April 2009)

SABTU siang, 4 April 2009 lalu. Sekelompok anak muda-mudi menjadi pusat perhatian di peluncuran Komunitas Pemilih JITU yang digelar Komisi Nasional (Komnas) Perempuan di Hotel Santika, Jl Sultan Hasanuddin, Makassar.

Saat itu kelompok ini memainkan musik aquistik sembari menyanyikan lagu-lagu barat dengan fasih dan dengan nada yang enak didengar. Usai bernyanyi, beberapa personel itu kemudian berganti peran dengan bermain teater banyolan yang mengundang tawa penonton.

Itulah penampilan dari para personel dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unit Pengembangan Kreatifitas Seni Budaya dan Sastra (UPKSBS) Universitas Muslim Indonesia (UMI). Beberapa hadirin awalnya menyangka kelompok ini sebagai home band Hotel Santika, saking fasihnya melantunkan lagu-lagu barat.

Musik dan teater adalah dua dari lima divisi yang ditangani UPKSBS UMI. Organisasi yang berdiri sejak 25 Mei 1999 lalu ini pun membawahi beberapa divisi lainnya yakni seni rupa, penulisan, dan tari.

"Alhamdulillah, sejak UKMi kami berdiri, sejumlah prestasi telah kami ukir di beberapa bidang lomba, baik tingkat lokal maupun tingkat nasional," beber Ketua UPKSBS UMI Herwinsyah saat ditemui usai tampil di Hotel Santika, akhir pekan lalu.

Beberapa prestasinya itu antara lain, di bidang teater, sebagai penggagas Temu Teater Mahasiswa Nusantara (Temu Teman) yang rutin dilaksanakan setiap tahun sejak 2002 lalu. Juli 2009 nanti, Temu Teman akan digelar di Denpasar, Bali.

UKM ini juga pernah mengikuti Pekan Performint Art III dan IV di Bali pada 2003 lalu dan Festival Monolog Putu Wijaya di Bandung yang juga digelar 2003 lalu. Di bidang musik, kelompok yang setia dengan warna musik aquistik ini baru saja menjadi jawara di festival aqustik yang digelar di Kampus Universitas Hasanuddin, pekan pertama April 2009.

"Insya Allah kita berencana meluncurkan lima album kompilasi sekaligus. Album ini merupakan karya teman-teman sendiri di antaranya berjudul Sahabat Malam-malamku, Amarah, Dalam Malam. Rencana launching-nya dalam waktu dekat ini," ujar Herwinsyah yang juga mahasiswa Fakultas Hukum UMI ini. (jumadi mappanganro)

Komentar