5 Kandidat Bersaing di Pemilihan Dekan FT Unhas

* Hari ini pemeriksaan berkas oleh PPCD FT Unhas

Makassar, Tribun - Sebanyak lima bakal calon bersaing pada Pemilihan Dekan Fakultas Teknik Unhas periode 2009-2014. Kelima kandidat ini telah mendaftarkan diri pada Panitia Persiapan Pertimbangan Calon Dekan (P3CD) Fakultas Teknik Unhas yang telah berakhir akhir pekan kemarin.

Lima kandidat tersebut yakni Prof Dr Ramli Rahim MEng (Teknik Arsitektur), Prof Dr Slamet Srisantoso MS (Teknik Arsitektur), Dr Zahir Zainuddin (Teknik Elektro), Dr Ing Wahyu Hariyadi Tiarah (Teknik Mesin), dan Prof Dr Lawalenna Samang MEng (Teknik Sipil).

Ketua P3CD FT Unhas, Luis Santoso, mengatakan, pihaknya akan memeriksa berkas kelima bakal calon mulai Senin (12/10) hari ini. Pemilihan calon dekan, dijadwalkan 28 Oktober mendatang.

"Kita akan periksa apakah berkas-berkas kandidat ini sudah lengkap atau belum. Lusa (Selasa) baru dilakukan penetapan calon dekan oleh senat fakultas pada rapat senat FT Unhas," ujar Luis yang juga Pembantu Dekan III Bidang Kemahasiswaan FT Unhas.

Menguat
Informasi yang diperoleh di lingkup FT Unhas, Walau belum mendaftar, dari kelima bakal calon tersebut, dua nama yang santer disebut sebagai calon kuat menggantikan Prof Dr Saleh Pallu yangdipastikan tidak maju lagi mencalonkan diri.

Kedua nama itu adalah Zahir Zainuddin. Zahir saat ini menjabat Ketua Jurusan Teknik Elektro FT Unhas. Salah satu faktor ia dijagokan sejumlah dosen di lingkup FT, karena mantan Ketua Senat Mahasiswa FT Unhas tahun 1987 itu dinilai masih muda dan punya visi dan misi yang sejalan dengan harapan civitas akademika FT. Ia juga tercatat sebagai anggota senat FT.

Selain Zahir, nama dosen senior di Jurusan Teknik Mesin FT Prof Dr Wahyu Pihara yang juga Pembantu Dekan I FT Unhas ini juga bakal maju dan disebut-sebut menguat sebagai calon pengganti Saleh.

"Siapa pun berhak menjadi dekan, asalkan memenuhi syarat. Saya berharap pemilihan ini dapat berjalan lancar dan bisa terpilih dekan yang terbaik bagi fakultas teknik," ujar Saleh. (cr2/jum)


Saleh Pallu: Lanjutkan Pengembangan FT di Gowa
MASA jabatan saya akan berakhir 8 Januari 2010 mendatang. Sesuai aturan, saya tidak bisa lagi mencalonkan diri. Hal ini karena saya sudah menjabat Dekan FT Unhas dua periode berturut- turut.

Saya berharap dekan FT yang baru nanti tetap harus melanjutkan pengembangan FT Unhas yang berada dalam kawan eks Pabrik Kertas Gowa (PKG), Jl Poros Malino, Kabupaten Gowa.

Salah satu program pengembangan itu adalah dengan pemekaran FT menjadi beberapa fakultas lagi. Harapannya dengan pemekaran ini, FT tersebut nantinya bisa menjadi institut tekonologi. (ana/jum)

Agenda:
- Senin (11/10): Pemeriksaan berkas bakal calon
- Selasa (12/10): Penetapa bakal calon menjadi calon dekan FT Unhas
- 28 Oktober: Hari H pemilihan dekan
- Lokasi: FT Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar

Kandidat:
Prof Dr Ramli Rahim MEng (Teknik Arsitektur), Prof Dr Slamet Srisantoso MS (Teknik Arsitektur), Dr Zahir Zainuddin (Teknik Elektro), Dr Ing Wahyu Hariyadi Tiarah (Teknik Mesin), dan Prof Dr Lawalenna Samang MEng.

Komentar