HUT TNI Dipusatkan di Lapangan Hasanuddin

- Jalan Sekitarnya akan Ditutup

Makassar, Tribun - Peringatan HUT ke-64 Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang digelar Kodam VII Wirabuana pada hari Senin (5/9) depan akan dipusatkan di Lapangan Hasanuddin, Jl Jenderal Sudirman, Makassar.

Guna memeriahkan acara tersebut, Panitia HUT TNI akan melaksanakan parade dan defile. Agar kegiatan ini berjalan lancar, panitia HUT TNI akan menutup jalan di sekitar Lapangan Hasanuddin.

Penutupan akan dilakukan saat gladi bersih, Sabtu (3/9) besok dan hari H pelaksanaan, 5 Oktober, mulai pukul 05.30 wita sampai selesai.

Kapendam VII Wirabuana Mayor Inf Rustam Effendi menyampaikan rencana tersebut melalui rilisnya yang dikirim via email ke Tribun, Kamis (1/10). "Terkait rencana penutupan jalan tersebut, kami memohon maaf kepada para pengguna jalan," ujarnya.

Sejumlah atraksi dan demonstrasi juga akan ditampilkan pada acara tersebut. Di antaranya kolone senapan, bela diri Yong Modo, atraksi double stick, snappling/mountenering, serta Pentas Seni Rampak Gendang Seri terbaru dari prajurit-prajurit TNI.

Pada acara Defile akan ditampilkan Defile oleh prajurit dari sejumlah Batalyon TNI AD, Marinir, dan Paskhas. Termasuk akanada prajurit berkuda dari Batalyon Kavaleri 10 Serbu Makassar, sejumlah Kendaraan Taktis, senjata penangkis serangan udara, ormas, dan beberapa pertunjukan lainnya.

Selagai rangkaian kegiatan HUT TNI itu pula, jajara Kodam VII Wirabuana menggelar sejumlah pertandingan dan kejuaraan olahraga. Kegiatan lain adalah berupa, bakti sosial kesehatan di Rumah Sakit Pelamonia, anjangsana ke Panti Asuhan se-Makassar dan aksi pembersihan lingkungan dalam Kota Makassar yang melibatkan masyarakat dan prajurit TNI.

"Juga diadakan penegakkan disiplin dan ketertiban oleh Polisi Militer seluruh angkatan TNI kepada seluruh prajurit yang meninggalkan dinas kantor tanpa izin," papar Rustam. (jum)

Sepeda Santai Berhadiah Serba 64
Masih dalam rangkaian peringatan HUT TNI ke -64 tersebut, panitia penyelenggara akan menggelar Sepeda Santai keliling Kota Makassar, Minggu (4/10) lusa.

Panitia menyediakan hadiah serba 64, di antaranya 64 sepeda, 64 kulkas, 64 televisi warna, 64 tape mini compo dan sejumlah door prize lainnya yang kesemua jumlah hadiahnya serba 64, sama dengan usia TNI yang sudah 64 tahun.

"Sepeda santai tersebut akan diikuti oleh seluruh Pangkotama TNI, unsur Muspida, prajurit TNI, dan anggota masyarakat," jelas Rustam, kemarin.

Start mulai jam enam pagi dari Lapangan Hasanuddin menuju Jl Sungai Saddang, Jl Sungai Saddang Baru, Jl A Pettarani, Jl Hertasning, Jl Toddopuli Raya, Jl Borong Raya, Jl Antang Raya, Jl Urip Sumoharjo, finish di Makodam VII Wirabuana.

Di lokasi finish, peserta akan dihibur Wirabuana Band, juara II Festival Band TNI Polri dan Mahasiswa se-Sulawesi, beberapa waktu lalu. (jum)

ptp

Beberapa jalan yang ditutup
- Jl Gunung Bawakaraeng menuju ke arah selatan
- Jl Jenderal Sudirman, bila hendak ke selatan diarahkan ke Jl Kartini melalui Jl Botolempangan
- Jl Botolempangan ke jl Amanagappa
- Jl Dr Sutomo ke Jl Sawerigading
- Jl Dr Sutomo ke Jl Emmy Saelan
- Jl Buntu Torpedo ke Jl Sudirman
- Jl Gunung Tinggi Mae ke Jl Sudirman
- Jl Gunung Klabat ke Jl Sudirman
- Jl Sungai Saddang ke Jl Sungai Tangka

(Dimuat di Tribun Timur edisi cetak, 2 Oktober 2009)

Komentar