JURnaL Celebes Galang OMS Pantau Media di Sulsel

Makassar, Tribun - Perkumpulan Jurnalis Advokasi Lingkungan (JURnaL) Celebes yang didukung Yayasan Tifa menggalang organisasi masyarakat sipil (OMS) yang ada di Sulawesi Selatan untuk memantau pemberitaan surat kabar harian yang terbit di daerah ini.

Kali ini, ada tujuh surat kabar harian di Sulsel yang akan dipantau. Salah satunya adalah Tribun Timur. Pemantauan tersebut bertujuan antara lain sebagai upaya peningkatan kualitas media dan kualitas jurnalistik dari para jurnalis, dengan memberi ruang yang memadai kepada publik untuk berpartisipasi melakukan kontrol positif terhadap penegakan etika jurnalistik.

Hal itu mengemuka pada sosialisasi program Pengembangan Koalisi OMS Pemantau Media sebagai Strategi Mendorong Peningkatan Profesionalisme Jurnalis dan Media di Sulawesi Selatan yang digelar JURnaL Celebes di Warkop 76, Toddopuli, Makassar, Sabtu (3/1).

"Kami berharap, melalui program ini, diharapkan bisa ditemukan solusi kreatif antara etika jurnalistik dan etika publik," papar Mustam Arief, Direktur Eksekutif JURnaL Celebes, yang juga mantan Pemimpin Redaksi Pedoman Rakyat ini.

Menurut Mustam, OMS-OMS tersebut sebagai refresentasi publik akan membentuk koalisi yang juga akan memberi apresiasi terhadap hasil praktik jurnalistik terhadap media-media cetak yang menjadi paritipan dalam program ini.

"Dalam program ini juga akan dibarengi dengan upaya peningkatan dan penyegaran kemampuan bagi para jurnalis, khususnya pemahaman dan implementasi etika jurnalistik. Selain itu akan diupayakan pelibatan partisipasi publik lebih luas melalui partisipasi media massa," jelasnya.

Sementara itu, pada sosialisasi program tersebut, sejumlah peserta mengusulkan agar koalisi OMS yang bertugas memantau media massa memfokuskan penilaiannya berdasarkan tematik khusus. Diharapkan, hasil penilaiannya tidak menimbulkan kontroversi di masyarakat maupun di kalangan media massa.

"Karena itu, parameter penilaiannya harus jelas. Agar tidak bias dan memudahkan penilaiannya, tema serta isi pemberitaan harus fokus atau khusus. Misalnya tentang berita yang memberi inspirasi kepada publik atau berita tentang penyelamatan dana publik," ujar Nasrullah Nara, Kepala Kompas Biro Indonesia timur yang juga Ketua Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan ini. (jum)

Komentar