Ribuan Pesepeda Cetuskan Losari Bebas Polusi

Makassar, Tribun - Tidak kurang seribuan pesepeda dari berbagai komunitas bersepeda di Makassar berpartisipasi pada Green Fun Bike yang dirangkaikan dengan lauching Losari Bebas Polusi di Anjungan Pantai Losari, Makassar, Minggu (7/6/09). Launching ini menandai penerapan Jl Penghibur sebagai jalan bebas kendaraan bermotor pada setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 hingga 10.00 wita.

Sebelum lauching, para pesepeda tersebut berkeliling kota dimulai dari depan Anjungan Pantai Losari dan melintasi beberapa jalan di antaranya Jl Pasar Ikan, Jl Ujungpandang, Jl Riburane, Jl Ahmad Yani, Jl Jenderal M Jusuf (eks Jl Bulusaraung), Jl Veteran, Jl Sungai Saddang, Jl Haji Bau, dan kembali lagi di anjungan.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan yang digelar serentak di Indonesia oleh Bike to Work (B2W) Indonesia dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup," ujar Ano Suparno, Ketua B2W Chapter Makassar di Anjungan Pantai Losari.

Acara tersebut digelar Bike to Work Chapter Makassar bekerja sama dengan Komunitas Sepeda Mamminasata, Pemkot Makassar, dan didukung Polygon serta Tribun Timur sebagai media partner.

Sejumlah pejabat daerah ini terlihat ikut berkeliling kota dengan bersepeda. Di antaranya Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo dan istrinya, Pangdam VII Wirabuana Mayjen TNI Djoko Susilo Utomo, dan Kapolda Sulselbar Irjen Polisi Mathius Salempang.

Pangkoopsau II Marsekal Muda Yushan Sayuti, Komandan Pangkalan Utama Angkatan Laut (Danlatamal) VI Laksamana Pertama TNI Ignatius Dadiek Surarto, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, dan Kepala Pos Wilayah BIN Brigjen TNI Adi Purwanto serta beberapa pejabat di lingkup Pemkot Makassar.

Launching Losari Bebas Polusi itu ditandai dengan pelepasan burung-burung merpati di Losari yang dilakukan para tokoh di atas. Sebagai rangkaian kegiatan ini juga digelar pengukuhan B2W Chapter Makassar.

Ada pun kalangan komunitas bersepeda yang ikut berpartisipasi di antaranya Komunitas Sepeda Mamminasata, Wirabuana Cycling Club, Samudera Cycling Club, MTB, Tirta Bicycle Club, Losari Cycling Club, dan Bike to Work Chapter Makassar, dan beberapa klub bersepeda lainnya.

Pada acara tersebut juga dirangkaian dengan pembagian 10 sepeda dari Polygon untuk murid sekolah berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi, coaching clinic dari Polygon, dan door prize. (jum)

Komentar