Terima LBH Award


AKTIVIS Lembaga Swadaya Masyarakat asal Bulukumba, Iwan Salassa, tak menyangka perjuangannya membela petani melawan PT Lonsum di daerahnya, berbuah penghargaan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Kota Makassar.

Hal itu dikatakannya usai menerima LBH Award 2009 yang diserahkan pada peringatan HUT Ke-26 LBH Makassar di Benteng Panynyua (Fort Rotterdam), Makassar, Minggu (1/11/09) malam lalu.

Selain Iwan, tiga tokoh lainnya yakni mantan Jaksa Agung RI Prof Dr Baharuddin Lopa, pakar komunikasi Unhas Prof Dr A Muis, dan Guru Besar Fakultas Hukum Unhas Prof Dr Aswanto, juga menerima penghargaan serupa. Mereka diberikan atas dedikasinya selama yang berani dan konsisten menegakkan keadilan.

"Mudah-mudahan dengan penghargaan bisa menjadi spirit sekaligus peringatan bagi saya pribadi agar bisa tetap konsisten membela mereka yang tertindas," ujar Iwan yang pernah merasakan bui akibat perjuangannya itu.

Prosesi pemberian award tersebut dihadiri antara lain pendiri YLBHI Adnan Buyung Nasution yang juga Dewan Penasihat Presiden RI, Wakil Ketua Komisi Yudisial Thahir Taimiyah, Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, dan Bupati Sinjai Rudiyanto Asapa.

Ratusan pengacara, aktivis LSM, dan warga dampingan LBH serta jaringan kerja LBH Makassar turut hadir. (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Selasa, 3 November 2009

Komentar