Gairahkan Penulisan Ilmiah


PEMBANTU Dekan I FISIP Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar Moh Yahya Mustafa Msi merasa bahagia. Sejak mengelola jurnal ilmu pengetahuan umum, Hipotesis, diakuinya makin banyak dosen di Makassar berminat menulis karya ilmiah.

Pasalnya, sejak mulai hadir di tengah masyarakat ilmiah pada pertengahan 2009 lalu, Hipotesis yang diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsa, telah menerbitkan 55 artikel ilmiah dari para dosen.

Para penulis umumnya adalah dosen di jajaran Kopertis Wilayah IX Sulawesi. Tak sedikit pula sumbangan tulisan dosen Universitas Hasanuddin, dan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin. Bahkan ada artikel yang dikirim oleh dosen Universitas Teknik Melaka Malaysia.

"Alhamdulillah, minat kalangan dosen negeri dan swasta di wilayah Sulawesi termasuk cukup besar. Sampai-sampai masih banyak tulisan yang antre dimuat di Jurnal Hipotesis," ujar Yahya yang juga Redaktur Pelaksana Jurnal Hipotesis saat ditemui di Warkop Sami, Panakkukang, Makassar, Rabu (6/1/1).

Menurut Yahya, sejak 13 Mei 2009 lalu, Jurnal Hipotesis telah mendapat nomor International Standard Serial Number (ISSN) 2085-465X dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). (jum)

Catatan: tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Kamis, 7 Januari 2010

Komentar