Buat Kelompok Belajar


Kiat Tembus Perguruan Tinggi Ideal

DOSEN Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar Arqam Azikin MSi mengatakan, untuk tembus menjadi mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN), seorang calon mahasiswa baru (maba) hendaknya mempersiapkan diri jauh sebelumnya.

Saat hendak mengikuti Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UMPTN kini SNMPTN) di Universitas Hasanuddin (Unhas), tiga bulan sebelumnya, Arqam membuat kelompok belajar. Kelompok ini terdiri tujuh orang.

"Masing-masing anggota kelompok mengumpulkan soal-soal UMPTN tiga tahun terakhir. Karena saya UMPTN pada 1990, jadi saya dan teman-teman mengumpulkan soal-soal UMPTN mulai 1987 hingga 1989," ujar Arqam memberi tips tembus perguruan tinggi ideal, kemarin.

Dengan membuat kelompok belajar, tambah Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Muda ini, mereka tidak susah mengumpulkan soal-soal UMPTN. Sesama anggota kelompok belajar bisa saling bertukar soal untuk dipelajari.

Kelompok ini belajar bersama tiga kali sepekan. Cara belajar mereka dengan saling tanya jawabm analisa soal, latihan mengerjakan soal, dan mencermati perubahan alur soal UMPTN, serta membuat kisi-kisi dan prediksi soal.

"Hal ini kami lakukan agar memudahkan kami dalam membahas dan menjawab soal-soal yang akan dihadapi pada hari H nantinya. Setelah usaha itu, kami tak pernah lupa berdoa kepada-Nya agar diberi kemudahan dan kelulusan serta restu orangtua," ujar Arqam yang menyelesaikan pendidikan strata satu (S1) dan strata dua (S2) di Universitas Hasanuddin ini. (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Sabtu, 13 Maret 2010
Sumber foto: dicopy dari facebook Arqam Azikin

Komentar