Lari 2 Jam Sehari

Sehat Ala Cenceng Chery Subiansauri

BAGI Cenceng Chery Subiansauri tiada hari tanpa olahraga. Kebiasaannya itu diakui anak keempat dari tujuh bersaudara ini dilakukan sejak masih remaja. Jenis olahraga yang kerap dilakukannya pun beragam. Mulai senam aerobik, lari, renang, dan bowling.

Dari beragam jenis olahraga itu, paling sering dilakukan ibu tiga anak ini adalah olahraga lari. Jika saat remaja kerap lari di lapangan terbuka, kini seiring perkembangan usia dan kesibukan, Chery lebih sering berlari di treadmill.

Olahraga ini dilakukannya di rumah sendiri. Sejak beberapa tahun terakhir rutin ia lakukan dua jam setiap hari. Paling sering dilakukannya pada pagi hari mulai pukul sembilan hingga pukul sebelas siang. Jika ada kesibukannya pagi hari, biasanya olahraga ini dilakukannya pada sore hari.

Menurutnya, manfaat lari di treadmill sangat banyak Di antaranya seseorang tidak mengalami resistensi 'melawan' udara atau angin, seperti ketika berlari di alam terbuka. Treadmill diakuinya juga cocok melatih kemampuan kardiovaskular, membakar lemak dan bila dilakukan dengan porsi tepat bisa melangsingkan tubuh.

"Ini disebabkan karena kalori yang terbakar di atas treadmill sama dengan kalori yang terbakar saat Anda berlatih di jalan. Treadmill cocok dijadikan alat latihan bagi mereka yang merasa kekurangan 'ruang' dan waktu untuk olahraga," ujar mantan top model Sulsel ini saat ditemui di rumahnya, Panakkukang Mas, Makassar, pekan lalu.

Ia menambahkan, dengan treadmill seseorang juga bisa memantau detak jantung lewat monitor, mengetahui kalori yang terbakar, jarak yang ditempuh, dan kecepatan berlari atau berjalan.

"Yang tak kalah penting, rutin olahraga ini juga melatih otot otot jantung dan paru-paru kita. Manfaat lainnya, bisa meningkatkan penyerapan oksigen pada darah sehingga kita bisa merasa lebih bugar dan sehat," jelasnya.

Selain treadmill, untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya, ia juga di antaranya rutin berjemur di bawah terik matahari pagi dan sauna. Berjemur dilakukannya tiga kali sepekan. Sedangkan sauna dua kali seminggu.

"Aktivitas kita ini kan banyak berada di ruang ber-AC. Sehingga untuk menjaga kesehatan kulit, kita perlu rutin berjemur. Tentu saja tidak boleh terlalu lama. Cukup 15 menit," tutur wanita yang mengaku tak punya pantangan makanan ini.

Saat masih di Jakarta atau di Bandung, tambahnya, biasanya ia juga rutin olahraga bowling. Namun sayang, hobinya itu kini tak bisa disalurkan di Kota Makassar. Hal ini menyusul, tempat olahraga bowling di kota ini telah tutup alias tak lagi beroperasi. (jumadi mappanganro)



Puasa dan Minum 3 Liter Air Putih

MENURUT Chery, untuk menyehatkan tubuh, tidak cukup dengan olahraga fisik. Tapi juga harus didukung dengan asupan makanan bergizi serta minum air putih yang cukup. Soal minum air putih, wanita yang pernah mengibarkan bendera pusaka di halaman Istana Negara pada 17 Agustus 1993 lalu itu, terbilang "ekstrim".

"Minimal saya minum air putih itu tiga liter sehari. Saya selalu menyediakan air putih untuk minum, baik di kamar tidur maupun di mobil. Kalau makan di restoran atau bertamu di rumah kerabat, saya selalu meminta agar disajikan air putih saja," katanya.

Hal lain yang diakuinya turut menyehatkan tubuhnya dan selalu membuatnya tampil bugar adalah memperbanyak salat sunat dan rutin berpuasa sunat setiap hari Senin dan Kamis. Katanya, dengan rutin berpuasa, memberikan banyak manfaat bagi yang melaksanakannya.

"Di antaranya untuk ketenangan jiwa, mengatasi stres, meningkatkan daya tahan tubuh, serta dapat membantu penyembuhan bermacam penyakit. Jadi puasa tidak sekadar berpahala di mata Allah SWT, tapi juga menyehatkan," jelas wanita yang juga pernah bermain sinetron untuk televisi lokal.

Selain itu, puasa diakuinya dapat membuat awet muda atau menunda proses ketuaan. Menurutnya, supaya kondisi fisik selalu sehat dan bugar, organ-organ tubuh harus mendapatkan kesempatan untuk istirahat. Hal tersebut dapat dilakukan dengan berpuasa.

"Tips saya lainnya adalah senantiasa berpikir positif dan murah senyum. Dengan demikian, kita juga bisa menimbulkan inner beauty. Kalau suka berpikir negatif, percaya saja, tubuh kita justru gampang sakit dan cepat terlihat tua," tutur Chery yang ditemui di rumahnya, pekan lalu.

Pola hidup sehat yang dilakukan ibu tiga anak itu diakuinya sangat berpengaruh dengan aktivitasnya sehari-hari. Kendati kadang tidur saat larut malam, ia pasti bangun subuh untuk salat subuh. Setelah itu, tak tidur lagi. Ia juga tak pernah tidur siang. Kendati demikian, ia selalu tampil bugar dalam setiap kesempatan. (jumadi mappanganro)

Tips Sehat
- Rutin lari di treadmill dua jam sehari
- Jemur tubuh di bawah terik matahari pagi tiga kali seminggu
- Sauna dua kali sepekan
- Minum air putih
- Rutin puasa sunat
- Memperbanyak salat sunat
- Murah senyum
- Berpikir positif (positif thinking)
- Mengonsumsi vitamin
- Konsumsi makanan bergizi


Data Diri:
Nama: Cenceng Chery Subiansauri
Lahir: Parepare, 2 Desember 1976
Suami: Kombes Polisi Hery Subiansauri
Orangtua:
- Ayah: Azis
- Ibu:Hj Nursiah
Anak: Dua putri dan satu putra
Organisasi:
- Pengurus Daerah Bhayangkara Sulsel
- Wakil Bendahara Purna Paskibraka Indonesia Sulsel
Prestasi:
- Top Model Sulsel
- Putri Honda
- Anak Dara Kalolo
- Putri Pelajar

Komentar