Menteri Agama Akan Buka Munas III Hidayatullah

MUSYAWARAH SETELAH Nadhlatul Ulama (NU) menggelar muktamar di Makassar, kini giliran organisasi masyarakat (ormas) Hidayatullah yang akan menggelar musyawarah nasional (munas) di kota ini.

Munas III Hidayatullah akan berlangsung 6-9 Juni 2010 mendatang. Menteri Agama RI Suryadharma Ali diagendakan membuka hajatan tersebut yang pembukaannya digelar di Masjid Al Markaz Al Islami Jenderal M Jusuf. Selanjutnya munas dipusatkan di Asrama Haji Sudiang, Makassar.

Rencana tersebut disampaikan Ir Abu A'la Abdullah MH00i, Ketua Steering Committe Munas III Hidayatullah yang juga pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hidayatullah saat bersama rombongan berkunjung di kantor Tribun, Jl Cenderawasih, Makassar, Minggu (18/4/2010).

Turut dalam rombongan Abu A'la di antaranya Ir Candra Kurmianto (sekretaris steering committe), Ir Khaeril Baist (ketua panitia), Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Selatan Abdul Majid, dan Sekretaris Munas III Hidayatullah Irfan Yahya. Mereka diterima Redpel Tribun Syarif Amir dan Korlip Tribun Thamzil Thahir.

"Insya Allah Bapak mantan Wapres Jusuf Kalla juga akan menyempatkan hadir pada pembukaan Munas III Hidayatullah nanti. Kami menargetkan kurang lebih 10 ribuan warga dan simpatisan Hidayatullah akan menghadiri pembukaan munas nanti," ujar Abu A'la.

Ia menambahkan, pada munas nanti, kurang lebih 1.000 pengurus dan kader Hidayatullah dari seluruh Indonesia bakal hadir di Makassar.

Menurut Abu A'la, munas Hidayatullah berbeda dengan ormas lainnya. Biasanya ormas lain menjadikan hajatan munas sebagai forum tertinggi untuk pemilihan ketua umum. Namun pada Munas III Hidayatullah tidak dikenal pemilihan ketua umum.

"Munas ini hanya dijadikan forum untuk pengambilan keputusan berkaitan dengan penyusunan program kegiatan organisasi," tambah Abu A'la.

Sebelum berkunjung di kantor Tribun, mereka menggelar rapat konsolidasi di Gedung Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS), Jl Perintis Kemerdekaan Km 10, Makassar.

Pada rapat konsolidasi ini dihadiri semua ketua DPD Hidayatullah se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat dan beberapa pengurus DPP Hidayatullah.

Ustad Aziz Qhahar Mudzakkar yang juga anggota DPD RI daerah pemilihan Sulsel sedianya memimpin rapat konsolidasi. Namun Aziz yang masih menjabat anggota Dewan Syuro DPP Hidayatullah itu berhalangan karena bertepatan dengan acara reses DPD RI di Bandung, Jawa Barat. (jum)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi 19 April 2010

Komentar