Bawa Pimpinan PTS ke Australia

KOORDINATOR Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Basri Wello bersama sejumlah pimpinan yayasan dan perguruan tinggi swasta (PTS) se-Sulawesi berangkat ke Australia, Minggu (9/5/2010) malam. Ia meninggalkan Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cenkareng.

Para pimpinan yayasan dan PTS itu di antaranya berasal dari Manado, Gorontalo, Kendari, Luwu Banggai, Bau-Bau, Palu, dan Makassar. Total anggota rombongan terdiri atas 24 orang.

Di Negeri Kanguru itu, rombongan dijadwalkan selama tiga hari. Dari Australia mereka selanjutnya akan ke Selandia Baru (New Zealand). Di negara yang dalam bahasa Maori disebut Aotearoa yang artinya Tanah Awan Putih Panjang dan termasuk wilayah Persemakmuran Britania (Commonwealth Realm) ini, Basri dan rombongan rencananya menginap selama empat hari.

"Tujuan kami di antaranya memonitoring dan mengavaluasi sejumlah dosen Kopertis Wilayah IX yang sedang menempuh pendidikan S3 di Australia," papar Basri yang saat dihubungi via ponselnya, tadi malam, masih berada di Bandara Soekarno-Hatta.

Selain itu, menurut Basri, kepergian mereka juga bertujuan agar para pimpinan PTS dan pengelola lembaga pendidikan itu bisa mendapat banyak wawasan tentang pengelolaan perguruan tinggi yang modern.

"Kita juga akan mencoba menjajaki kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di sana," ujar Basri. (jumadi mappanganro)

Komentar