Penghargaan dari Kopertis IX


UPAYA Dr Eliza Meiyani MSi mengangkat nilai-nilai luhur pada masyarakat Sulawesi Selatan dalam bentuk karya ilmiah mendapat penghargaan dari Kopertis Wilayah IX Sulawesi.

Penghargaan sebagai dosen berprestasi penulis buku itu diberikan oleh Koordinator Kopertis IX Prof Dr M Basri Wello MA pada upacara Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2010 lingkup Kopertis IX yang berlangsung di halaman kampus Universitas Islam Makassar (UIM), Jl Perintis Kemerdekaan, Makassar, Minggu (2/5/2010).

Selain Eliza yang sehari-hari sebagai dosen UIM, beberapa dosen Kopertis IX lainnya juga menerima penghargaan yang sama.

"Saya berharap penghargaan ini bisa makin memotivasi saya untuk selalu menulis tentang apa saja, khususnya yang berkaitan dengan spesifikasi keilmuan saya," ujar doktor antropolog satu- satunya yang dimiliki Kopertis IX Sulawesi.

Ada pun karya ilmiah yang ditulisnya itu berjudul Abbatireng dan Ampijangen; Suatu Sistem Kekerabatan Orang Bugis. Inti tulisan ini membahas perihal budaya sipakalebbi (saling melebihkan, sikapainge (saling mengingatkan, dan sipakatau (saling memanusiakan).

Tulisan tersebut awalnya dibuatnya sebagai bahan disertasinya di Program Pascasarjana Unhas, 2008 lalu. Disertasinya ini telah dibuat dalam bentuk buku sejak 2009 lalu.

Dari tulisannya tentang nilai-nilai kultural masyarakat Bugis itu pula yang mengantar Eliza mendapat kesempatan sebagai utusan Kementerian Pendidikan Nasional untuk berbagi dan menimba ilm serta pengalaman beberapa bulan di Ohio State of University (OSU), Amerika Serikat, baru-baru ini. (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi 3 Mei 2010. Sumber foto: Dokumentasi Dr Eliza Mulyani.

Komentar