JURnal Celebes Gelar Training Advokasi Radio Komunitas

Perkumpulan Jurnalis Advokasi Lingkungan (JURnaL) Celebes akan mengadakan pelatihan Advokasi Hak-hak Publik Melalui Media Komunitas mulai Sabtu (24/7/2010) hingga Minggu (25/7/2010). Pelatihan akan berlangsung di Wisma Amanat, Jl Haji Bau, Makassar.

Peserta pelatihan tersebut adalah para pengelola radio komunitas se-Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat yang tergabung dalam organisasi Jaringan Radio Komunitas (JIRAK) Celebes. Juga akan bergabung radio komunitas yang baru dinilai oleh JIRAK Celebes yang nantinya bergabung apabila memenuhi persyaratan yang diajukan JIRAK.

Radio yang akan hadir antara lain IGA FM (Barru), Allstar FM (Sinjai), Delstar FM (Bulukuma), Distro FM (Bantaeng), Teras FM (Makassar), GSP (Parepare), Titan (Pangkep), EBS Unhas, Zodiack Rappang, Salili Sinjai, EVB Ukip Makassar, Sando Batu (Sidrap), PBS (Pangkep), Wasilah UIN, Healty FM (Unhas), Alstar (Pangkep), Sketer (Pangkep), Birkot (Makassar), dan Tamborolangi (Tator).

Direktur Program JURnal Celebes Asmar Ekwar mengatakan, pelatihan tersebut sangat penting karena komunikasi, informasi dan media massa mempunyai peran vital dan menentukan bagi keberhasilan pembangunan, perbaikan sistem politik, dan demokrasi, juga berkaitan dengan upaya mencerdaskan bangsa.

"Radio komunitas sebagai media komunikasi massa (akar rumput) mempunyai peran penting dalam kehidupan sosial, budaya, politik, dan ekonomi, memiliki kebebasan dan tanggungjawab dalam menjalankan fungsinya sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, serta kontrol dan perekat sosial," ujar Asmar dalam rilisnya yang diterima Tribun, Kamis (22/7/2010). jum)

Komentar