Unsa Makassar Wisuda 137 Alumni

Makassar, Tribun - Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar menggelar wisuda ke-12 di Hotel Clarion, Jl AP Pettarani, Makassar, Senin (26/7/2010). Kali ini sebanyak 136 alumninya yang diwisuda.

Selain para wisudawan dan keluarganya, upacara wisuda yang diwarnai tarian empat etnis Sulsel itu juga dihadiri antara lain Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi Prof Dr Basri Wello, Ketua Yayasan Perguruan Sawerigading Lagaligo Nuruddin Syahadat, Ketua Ikatan Alumni Unsa A Yunus Baso yang juga mantan anggota DPRD Sulsel, serta para dosen Unsa.

Menurut Rektor Unsa Muhammad Hasyim MH, wisuda sebagai upacara akademik, tidak saja mengandung pengukuhan sebagai sarjana bagi yang diwisuda, melainkan juga mengandung nilai legalitas formal pertanggungjawaban lembaga kepada masyarakat.

"Sejak Unsa berdiri hingga wisuda hari ini (kemarin), maka total alumni Unsa saat ini sebanyak 1.247 orang," ujar Hasyim yang memimpin upacara wisuda tersebut.

Pada tahun akademik 2010-2011, Unsa membina 1.597 mahasiswa. Terdiri 132 mahasiswa program studi (prodi) teknik elektro fakultas teknik, 159 prodi sosiologi fisipol, 315 prodi administrasi negara, 76 orang pada prodi bahasa dan sastra Inggris, 754 orang prodi studi ilmu hukum, 79 orang prodi matematika (FKIP), dan 82 prodi bahasa Indonesia.

Hingga kemarin, jumlah dosen Unsa sebanyak 67 orang. Terdiri 10 dosen negeri dipekerjakan (Dpk), 39 dosen tetap yayasan, dan 18 dosen luar biasa. Kualifikasi pendidikan paling rendah magister (S2) dan 3 orang berkualifikasi doktor, dan dua di antaranya berpangkat guru besar.

Pada tahun ajaran 2010, tercatat 10 dosen Unsa sedang mengikuti program doktor. Ada yang di Unair, IPB Bogor, Unibraw Malang, Unhas, UNM, dan UMI. Diharapkan tiga tahun mendatang, Unsa akan memiliki paling sedikit 13 dosen dengan gelar doktor. (jum)

Dibuka Pendaftaran Maba Hingga September

Humas Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar M Yahya Mustafa mengatakan, Unsa kembali menerima calon mahasiswa baru (maba) untuk gelombang II mulai Juli hingga September mendatang. Pendaftaran dapat dilakukan di Kampus Unsa di Jl Kandea I No 27 atau di Jl Sembilan I No 27, Makassar.

Unsa saat ini mengelola lima fakultas yakni fakultas teknik, fakultas ilmu sosial dan ilmu politik (fisipol), fakultas sastra, fakultas hukum, dan yang terbaru fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP). FKIP saat ini membina dua program studi yakni pendikan matematika dan pendidikan bahasa Indonesia.

"Saat ini Unsa sedang mempersiapkan kampus II di Jl Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea, Maassar. Di kampus II ini, Unsa akan dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 10 ribu meter bujur sangkar," jelasnya di Hotel Clarion, Makassar, Senin (26/7/2010). (jum)

fakultas dan prodi:
fakultas teknik:
- prodi studi teknik elektro (S1) terakreditasi
- konsentrasi: elektronika dan listrik

fakultas ilmu sosial dan ilmu politik
1. prodi sosiologi (S1). Terakreditasi
2. prodi ilmu administrasi negara (S1). Terakreditasi

fakultas sastra
prodi bahasa dan sastra Inggris (S1). Terakreditas

fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP)
1. Prodi matematika (S1) (SK Mendiknas No 886/D/T/2009)
2. Prodi bahasa Indonesia (SK Mendiknas No 886/D/T/2009)

Catatan: Berita di atas dimuat di Tribun Timur edisi Selasa, 27 Juli 2010

Komentar