Amin Syam Pimpin Dewan Masjid Sulsel


Makassar, Tribun - Mantan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Amin Syam terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel periode 2010-2015, Sabtu (7/8/2010) malam.

Amin terpilih melalui Musyawarah Wilayah DMI Sulsel yang berlangsung di Pondok Madinah, Kelurahan Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar. Muswil ini berlangsung sejak Jumat (6/7/2010) malam.

Amin yang juga mantan Ketua DPD Partai Golkar Sulsel itu menggantikan ketua sebelumnya, Bahri Mappiasse yang juga Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama RI Sulsel.

Terpilihnya Amin tersebut lebih awal dari agenda. Pasalnya, agenda awal panitia muswil sedianya pemilihan ketua itu baru akan digelar Minggu (8/8/2010) pagi. Namun karena desakan peserta, pemilihan ketua dipercepat.

Aklamasi Terpaksa

Terpilihnya Amin sebagai ketua DMI yang baru itu sempat membuat sejumlah panitia dan peserta muswil kecewa. Salah satunya adalah ketua panitia muswil Abubakar Wasahua sekaligus Wakil Ketua DMI Sulsel demisioner.

Abubakar menilai terpilihnya Amin itu merupakan aklamasi "terpaksa" dan buah dari intrik Bahri Mappiasse yang "menekan" beberapa Kepala Kemenag se-Sulsel yang menjadi peserta pemilihan untuk aklamasi ke Amin. Padahal, umumnya mereka disangsikan keabsahannya sebagai pengurus DMI kabupaten/kota.
]
"Makanya, kami panitia tidak bertanggungjawab terkait hasil ini. Sebab sebagian juga tidak menyebut Amin," tutur Abubakar yang juga anggota DPRD Sulsel dari PPP melalui ponsel, Minggu (8/8). Pada pemilihan itu turut dihadiri Sekretaris Jenderal DMI Pusat Nasir Zubairi. (jum)

Catatan: berita di atas terbit di Tribun Timur edisi Senin, 9 Agustus 2010
Sumber foto: id.wikipedia.org/wiki/Berkas:AMI...YAM1.jpg

Komentar