Berkah Jadi Penyiar Radio Komunitas


Amriani Arfina alias Reni terbilang mahasiswi yang sibuk. Di sela-sela menunaikan kewajibannya sebagai mahasiswi ilmu komunikasi Universitas Veteran Republik Indonesia (UVRI) Makassar, ia juga disibukkan dengan rutinitasnya di Radio Teras FM Makassar.


Teras FM adalah radio komunitas yang berlokasi di area Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS), Borong Jambu, Kelurahan Tamangapa Raya, Kecamatan Manggala, Makassar. Di radio ini, Reni bertugas sebagai penyiar sejak tahun 2005 lalu. Saat itu, ia masih duduk di bangku kelas dua SMP Negeri 17 Makassar. Kini, ia juga merangkap tugas sebagai bendahara.

"Alhamdulillah sampai hari ini, saya merasa antara kuliah dan aktivitas saya di radio tidak saling mengganggu. Justru saya merasa sinergi. Kalau ada jadwal kuliah yang bertepatan dengan jadwal siaran, ada teman yang bisa gantikan siaran," ujar Reni saat ditemui di Sekretariat JURnaL Celebes, Jl Damar V, Makassar, Selasa (27/7/2010)lalu.

Bungsu dari sembilan bersaudara ini pun mengaku mendapat banyak berkah bergelut di radio komunitas. Di antaranya, dia bisa belajar menjadi penyiar secara gratis. Ia pun banyak mengenal orang dengan latarbelakang yang beragam. Ada pemulung, aktivis LSM, politisi, anggota dewan, hingga pejabat pemerintah.

Kenalannya pun tak sebatas pendengar Radio Teras FM dan warga Kota Makassar. Wanita berjilbab ini juga memiliki banyak kenalan yang bermukim di kota/kabupaten lain di Sulawesi Selatan. Bahkan hingga di luar negeri. Maklum, ia pernah jalan-jalan ke luar negeri yakni ke Filipina sebagai duta radio komunitas, Oktober 2009 lalu.

Di negeri itu, ia menghadiri seminar peran perempuan di udara. Ia diundang organisasi radio komunitas internasional, Amar. Kantor pusat organisasi ini berkedudukan di Kanada. "Pertemuan selama 10 hari itu sangat berkesan bagi saya," tuturnya. (jumadi mappanganro)

Data Diri
Nama: Amriani Arfina alias Reni
Lahir: Makassar, 11 Desember 1990
Pendidikan: Ilmu Komunikasi UVRI Makassar
Orangtua: Abdul Azis dan Rabiah (almarhumah)
Saudara: Bungsu dari sembilan bersaudara
Alamat: Jl Tamanagapa Raya No 188 D, Makassar

Catatan: Tulisan di atas dimuat di Tribun Timur edisi Jumat, 30 Juli 2010

Komentar