Tolak Model Perpeloncoan


Dosen Universitas Negeri Makassar (UNM) Dr Ahyar Anwar berpendapat, model penerimaan mahasiswa baru (PMB) dengan cara perpeloncoan sudah tak zamannya lagi dilakukan.

Menurutnya, PMB itu bermacam-macam. Ada dalam bentuk orientasi pengenalan kampus (ospek). Ada pula dalam bentuk pembekalan akademik, ada dalam bentuk pelatihan spiritual.

"Model pertama atau ospek selama ini memang kadang identik dengan perpeloncoan. Bentuk perpeloncoan ini yang harusnya tak dilakukan lagi. PMB bisa dalam bentuk pelatihan mental spiritual seperti ala pesantren kilat," ujarnya melalui postingan di facebook, pekan lalu.

Bisa juga, katanya, PMB dalam bentuk outbond atau dalam bentuk pembekalan akademik, seperti penjelasan tentang ilmu mereka, tata cara belajar yang tepat dalam iklim akademik, pengurusan dan pengisian KRS, bentuk-bentuk organisasi mahasiswa yang ada, jenis-jenis beasiswa yang tersedia dan sebagainya.

"Pembekalan seperti ini justru memberi wawasan akademik kepada maba daripada menganggapnya sebagai badut yang tak punya harga diri," paparnya. (jum)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Jumat, 13 Agustus 2010. Sumber foto:http://www.facebook.com/profile.php?id=1196666818&v=photos&ref=search#!/photo.php?pid=30115073&id

Komentar