Guru Besar Termuda di UNM

Prof Dr Ir Gufran Darma Dirawan MEMD akan dikukuhkan sebagai Guru Besar Universitas Negeri Makassar (UNM), Rabu (13/10/2010) hari ini. Pengukuhannya akan digelar di Auditorium Amannagappa, Kampus UNM, Jl Raya Pendidikan, Makassar.

Untuk sementara, putra Prof Dr Darmawan Mas'ud Rahman Msc tercatat sebagai guru besar termuda di UNM. Ia mendapat SK guru besar pada usia 39 tahun dua bulan.

Karena dia adalah ahli di bidang pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan, maka pidato yang akan disampaikan pada pengukuhannya hari ini berjudul Relasi Lingkungan dan Manusia.

"Saya ingin menyampaikan sekaligus mengingatkan kembali bahwa terjadinya kerusakan lingkungan, pemanasan global, dan aneka bencana alam yang terjadi saat ini, tak lepas dari peran manusia yang telah banyak merusak alam," ujar suami Andi Mutia Justisia Indra Chandra MSi ini saat ditemui di UNM, Selasa (12/10/2010).

Ayah dua putra ini sehari-hari mengajar di Jurusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik UNM. Ia menyelesaikan pendidikan strata satunya di urusan Teknik Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin. Program magisternya diraih dari Universitas Nasional Australia. Sedangkan pendidikan doktornya diraih dari Institut Pertanian Bogor (IPB). (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Rabu, 13 Oktober 2010

Komentar