Luncurkan Buku Jurnalis Menggugat


KOORDINATOR Koalisi Jurnalis Tolak Kriminaliasi Pers Upi Asmaradhana meluncurkan buku Jurnalis Menggugat, Catatan Harian Upi Asmaradhana,Jumat (17/12/2010) lalu. Peluncuran dirangkaikan dengan diskusi yang digelar di Graha Pena, Makassar. People

Tampil sebagai pembicara pada diskusi itu adalah Aswar Hasan (Ketua KPID Sulsel), Hendrayana (Direktur LBH Pers Jakarta), Abdul Muttalib (Direktur LBH Makassar), dan Upi Asmaradhana (penulis).

Diskusi yang dipandu moderator Silahuddin Genda (aktivis AJI Makassar) juga menampilkan pengacara Dr Abraham Samad dan Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar Ana Rusli.

Buku setebal 261 halaman ini berisikan catatan Upi terkait perlawanan Koalisi Jurnalis Tolak Kriminaliasi Pers Makassar terhadap sikap Irjen Polisi Sisno Adiwinoto yang saat itu menjabat Kapolda Sulsel. Sikap dimaksud mengancam memidanakan jurnalis akibat pemberitaanya.

Perlawanan ini mencuat sejak Mei 2008 lalu. Settingnya di Makassar dan di Jakarta. Menurut Upi buku ini ia dedikasikan buat para jurnalis di Indonesia, khususnya jurnalis di Makassar yang bahu membahu berjuang di Koalisi Jurnalis Tolak Kriminaliasi Pers Makassar.

"Sahabat dan para jurnalis Makassar inilah yang menjadi inspirator sejati lahirnya buku ini,termasuk piak-pihak yang selama ini peduli sama gerakan kebebasan pers di Makassar dan Indonesia," katanya. (jumadi mappanganro)

Catatan: Catatan data di atas terbit di Tribun Timur edisi Senin, 20 Desember 2010.

Komentar