Terbitkan Buku Tentang Masyarakat Wajo


SATU lagi buku yang disusun Direktur Eksekutif Institut Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (IPPM) Hidayat Palaloi MM bersama rekannya terbit, pekan lalu. Judulnya, Membangun Partisipasi Masyarakat Miskin Berbasis Masyarakat di Kabupaten Wajo.

Buku setebal 121 halaman ini, menurut Hidayat yang juga mantan Ketua Umum Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Makassar, penyusunannya menghabiskan waktu sekitar tiga bulan.

Buku ini berisi paparan tentang upaya yang telah dilakukan IPPM mengimplementasikan strategi pengentasan kemiskinan di empat kecamatan di Wajo. Keempat kecamatan dimaksud yakni Kecamatan Tempe dengan komunitas nelayan danau dan Kecamatan Tanasitol dengan komunitas petenun sutera.

Dua kecamatan lainnya adalah Kecamatan Majauleng dengan komunitas perajin serta Kecamatan Pammana dengan komunitas petani. Untuk pengentasan kemiskinan ini, IPPM mendapat dukungan dana dari Canada Fund.

Di buku ini juga kami memaparkan pengalaman dan strategi kaum miskin setempat dalam mengadvokasi dirinya sendiri untuk memperjuangkan hak-hak mereka sehingga terakomodir di dalam kebijakan APBD pemerintah kabupaten yang pro kaum miskin.

"Buku ini sebagai leasson learn dari program mendrong partisipasi publik dalam strategi penanggulan kemiskinan daerah dan penerjemahannya kepada APBD Kabupaten Wajo," jelasnya saat ditemui di Sekretariat IPPM, Kecamatan Panakkukang, Makassar, Senin (20/12/2010). (jumadi mappanganro)

Berita di atas dimuat di Tribun Timur edisi Selasa, 21 Desember 2010

Komentar