Menanti Uji Kelayakan di DPRD


KETUA Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar Rayudaswati Budi kini sedang deg-degan. Pasalnya, bila tak ada aral, pekan depan ia akan mengikuti uji kelayakan (fit and provert test) dalam rangka seleksi calon komisioner Komisi Informasi Publik (KIP) Sulawesi Selatan (Sulsel).

Uji kelayakan tersebut akan berlangsung di gedung DPRD Sulsel, Jl Urip Sumoharjo, Makassar. Pada seleksi tersebut, Rayudaswati alias Ayu akan berkompetisi dengan 11 calon komisioner lainnya. Seleksi ini akan menentukan lima nama yang selanjutnya akan ditetapkan sebagai komisioner KIP Sulsel periode 2011-2014.

Saat ditanya alasannya mengikuti seleksi tersebut, mantan pengurus Unit Kegiatan Pers Mahasiswa (IKPM) Unhas ini mengaku hendak memastikan badan atau lembaga publik itu memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat.

Menurutnya, masyarakat kebanyakan belum tahu betul bahwa hak memperoleh informasi adalah hak asasi manusia. Karena itu, jika terpilih, ia ingin masyarakat makin banyak sadar bahwa memperoleh informasi itu adalah hak asasi manusia.

"Saya juga akan mengawal implementasi UU no 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik di Sulsel," ujar wanita kelahiran Sengkang, 13 Nopember 1975, ini saat ditemui di kampus Unhas, Makassar, Kamis (27/1/2011) lalu. (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas dimuat di Tribun Timur edisi Sabtu, 29 Januari 2011.

Komentar