Bagi-bagi Buku Taktik Politik Gratis


PADA beberapa pertemuan yang dihadirinya, Mulyadi Prajitno kerap membagi-bagikan buku berjudul Taktik Politik Gratis. Buku ini merupakan hasil penelitian yang dilakukan bersama beberapa rekannya seperti Rusman, Siswan, dan Sudirman.

Saat berkumpul bersama beberapa aktivis organisasi masyarakat sipil (OMS) dan jurnalis di Warkop 76 Toddopuli, Makassar, Senin (15/2/2011) lalu, lagi-lagi ia membagi-bagikan buku tersebut.

"Makanya, setiap mau keluar rumah, saya usahakan selalu membawa beberapa eksemplar buku ini. Siapa tahu ada teman dan kenalan yang mau buku ini, saya akan berikan," ujar Mulyadi, Direktur Pelaksana Yayasan Pengkajian Pemberdayaan Masyarakat (YKPPM), saat ditemui di Warkop 76.

Buku Taktik Politik Gratis yang diterbitkan Desember 2010 lalu tersebut berisi sosial audit berbasis komunitas terhadap program pendidikan gratis dan pelayanan kesehatan gratis yang dicanangkan pasangan Wali Kota Makassar Ilham Arif dan wakilnya Supomo Guntur (IASmo).

Buku setebal 201 halaman ini diterbitkan atas kerja sama YKPPM dan Yayasan TIFA. Menurut Mulyadi, buku Taktik Politik Gratis ini sama sekali tidak menegaskan bahwa Pemkot Makassar gagal menjalankan program pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis yang digagas IASmo. Melainkan sebagai "kacamata evaluatif" untuk mengetahui sejauh mana implementasi program tersebut dan harapan yang kemungkinan masih bisa diraih. (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas diterbitkan di Tribun Timur edisi Kamis, 17 Februari 2011.

Komentar