Siswan dan Nawir Pimpin Pergerakan Indonesia Sulsel

Makassar, Tribun - Dua aktivis lembaga swadaya masyarakat yakni Siswan dan M Nawir diberi amanat memimpin Pergerakan Indonesia (PI) Sulawesi Selatan (Sulsel) periode 2011-2013. Siswan dan Nawir, secara berurut, dipercaya sebagai Ketua dan Sekretaris Dewan Pimpinan Provinsi (DPP) PI Sulsel.

Selama ini, Siswa aktif di Forum Informasi dan Komunikasi (FIK) Organisasi Non- Pemerintah (Ornop) Sulsel. Sedangkan Nawir, mantan Ketua Maperwa Fakultas Sastra Unhas, selama ini aktif sebagai Koordinator Komite Perjuangan Rakyat Miskin (KPRM) Kota Makassar.

Kedua aktivis itu terpilih secara aklamasi yang dirangkaikan Deklarasi Pergerakan Indonesia Sulsel di Hotel La Macca, Kampus Universitas Negeri Makassar, Jl AP Petta Rani, Makassar, Sabtu (26/3/2011) sore. Deklarasi ini dihadiri puluhan aktivis LSM dan mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar.

Deklarasi tersebut dihadiri deklarator sekaligus Ketua Dewan Pertimbangan Nasional (DPN) PI Dr Faisal Basri dan Ketua DPN PI Arie Sujito yang juga dosen Universitas Gadjah Mada (UGM). Acara ini juga diisi orasi politik dan ekonomi yang disampaikan Faisal Basri yang juga dikenal sebagai ekonom ini.

Dalam orasinya, Faisal mendorong PI menjadi wadah perjuangan yang mendorong sosial demokrasi yang mensejahterakan. PI juga diharapkan memperjuangkan agar negara memberi jaminan sosial kepada seluruh rakyatnya. Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Dasar RI.

Sementara menurut Siswan, selama ini politik demokrasi di Indonesia terlalu mahal. Karena itu, PI mendorong agar partai melakukan proses rekrutmen yang lebih baik dan memberi kesempatan yang besar bagi para pemuda dan mahasiswa.

"PI juga mendorong agar partai politik lebih serius melakukan pendidikan politik kepada masyarakat. Selama ini, parpol belum serius melakukan pendidikan politik," ujar Siswan. (jumadi mappanganro)

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Selasa, 29 Maret 2011

Komentar