Abubakar Wasahua Undang Warga Islam Maluku

Juga Asal Maluku Utara

Makassar, Tribun - Pengurus Pusat Kerukunan Warga Islam Maluku-Maluku Utara (KWIMMU) Makassar periode 2011- 2016 berencana menggelar sejumlah amaliah Ramadan selama Agustus. Kegiatan tersebut di antaranya buka puasa bersama dan tarawih keliling.

Amaliah Ramadan tersebut diawali dengan buka puasa di rumah Ketua Umum KWIMMU Makassar periode 2011-2016 Abubakar Wasahua MH di Jl Syekh Yusuf Kompleks Griya Mutiara Timur No 15, Sungguminasa, Kabupaten Gowa, Kamis (4/8/2011) lusa. Buka puasa ini akan diisi ceramah dari Asri Hidayat Mahulau.

Rencana kegiatan tersebut disampaikan sejumlah PP KWIMMU Makassar saat silaturahmi di kantor Tribun Timur, Jl Cenderawasih No 430, Makassar, Senin (1/8).

Beberapa PP KWIMMU yang hadir adalah Abubakar Wasahua MH (ketua umum), Lessy M Djen MM (pembina), Saban Echdar MSi (wakil ketua), dan M Yusuf Seknun MSi (wakil ketua). Turut hadir pula Zainuddin Wiwi MM (sekjend), Husain Tuhulele (wakil sekjen), dan Saiful Muluk R (bendahara umum).

"Kami berharap melalui pemberitaan ini, warga Islam asal Maluku-Maluku Utara yang ada di Sulsel hadir di seluruh rangkaian amaliah Ramadan yang kami gelar," ujar Abubakar Wasahua yang juga anggota DPRD Sulawesi Selatan.

Pelantikan
Abubakar Wasahua menambahkan, usai Ramadan nanti, tepatnya 10 September mendatang, akan digelar pelantikan dan pengurus PP KWIMMU yang baru. Panitia pelantikan berencana mengundang tiga gubernur untuk menghadiri acara tersebut.

Ketiga gubernur itu adalah Gubernur Maluku Karel Alberth Ralahalu, Gubernur Maluku Utara Thaib Armayin, dan Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo. (jum)

Terbentuk Sejak 1964

LESSY M Djen, pembina PP KWIMMU Makassar, mengatakan, KWIMMU awalnya bernama KWIM. Pasalnya ketika itu, Maluku dan Maluku Utara belum berpisah. Organisasi ini terbentuk di Makassar sejak 1964.

Ketua umum pertama kerukunan ini adalah Kapt Muchsin Helwaka. Lalu digantikan Jamaluddin. Kemudian digantikan lagi Prof MA Saleh Putuhena yang juga mantan Rektor IAIN Alauddin Makassar.

Setelah Saleh Putuhena meninggal, ketua umum organisasi ini kemudian diamanahkan kepada Abubakar Wasahua. "Jadi Pak Abubakar ini adalah ketua umum keempat KWIMMU sejak berdiri tahun 1964 lalu," tutur Lessy saat bersama pengurus KWIMMU berkunjung di kantor Tribun Timur, Makassar, kemarin. (jum)

ptp
Agenda Amaliah Ramadan KWIMMU Makassar
- 4 Agustus: Buka puasa bersama di rumah Abubakar Wasahua MH di
- Kamis (4/8): Buka puasa di rumah Abubakar Wasahua MH Jl Syekh Yusuf Kompleks Griya Mutiara Timur No 15, Sungguminasa, Kabupaten Gowa. Penceramah: Asri Hidayat Mahulau
- Sabtu (6/8): Tarwih bersama di rumah Prof Dr MH Ohorella (Alm) di Jl Sungai Saddang III/I, Makassar. Penceramah: Nasir AR
- Ahad (7/8): Tarwih bersama di rumah Amin Mustari Jl Dg Tata I Blok I/8 Makassar
- Selasa (9/8): Tarwih bersama di rumah Prof Dr M Saleh Putuhena (Alm) di Kompleks Skarda-N No 26, Makassar. Penceramah: Dr Fuad Rumi
- Ahad (14/8): Buka puasa dan tarwih bersama di rumah Saiful Muluk di Kompleks Hartaco Indah Blok III J/7, Makassar. Penceramah: Rahim Mayau (buka puasa) dan Dr M Ibnu Sulaiman MAg (tarwih)
- Selasa (16/8): Buka puasa dan tarwih bersama di rumah Amir Hamzah Bamahri di Jl Buakana Kompleks Pertamina Blok D/8- 9, Makassar. Penceramah: Prof Dr Ahmad Abu Bakar
- Kamis (18/8): Tarwih bersama di rumah Adjid Siraju MSi di Jl Daeng Tata III Lr 3 No 15, Makassar. Penceramah: Syamsu Alam MA

Catatan: Tulisan di atas terbit di Tribun Timur edisi Jumat 2 Agustus 2011

Komentar