Diundang Jadi Pemateri Pelatihan Jurnalistik di Gorontalo

Jalan-jalan di Kota Gorontalo (1)




PESAWAT Lion Air yang kami tumpangi mendarat mulus di Bandara Djalaluddin Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis (4/7/2013) sekitar pukul 10.45 wita. 

Inilah kali pertama saya menginjakkan kaki di bandara ini. Namun kedatangan saya di Kota Gorontalo ini merupakan kali kedua.

Pertama kali saya ke daerah ini pada 2004 lalu. 

Kala itu saya mengikuti touring rombongan para bikers Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Makassar melalui darat. 

HDCI Makassar ketika itu diketuai Andi Tenri Gappa yang akrab disapa Andi Onny.

Dari bandara, butuh waktu sekira sejam mengendarai mobil hingga kami tiba Hotel Mega Zanur. 

Hotel ini berada di tengah kota. Tepatnya di persimpangan Jalan Kartini dan Jalan Imam Bonjol. 

Dari depan hotel ini, kita bisa melihat jelas deretan bukit.

Di hotel yang didominasi cat hijau inilah kami menginap. 


Saya bersama peserta Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa PTS Se-Gorontalo, Hotel Mega Zanur, 6 Juli 2013.

Hotel bintang satu ini memiliki 68 kamar. Terdiri satu suite room, tiga VIP room, 36 deluxe room, dan 28 kamar standart. 

Tarif menginap mulai Rp 250 ribu hingga Rp 550 ribu semalam. 

Hotel ini rupanya milik Zainuddin, Bupati Bulukumba periode 2011-2016. 

Sejak menjabat bupati di Provinsi Sulawesi Selatan, pengelolaan hotel berlantai empat ini diserahkan kepada salah seorang anaknya.

Kami menginap di tempat ini karena di sinilah Pelatihan Jurnalistik Mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Se-Gorontalo dilaksanakan Kopertis IX Sulawesi. 

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 4-6 Juli 2013. Diikuti puluhan mahasiswa.

EO acara ini mengatakan, Mega Zanur dipilih karena inilah hotel di Gorontalo yang memiliki kamar yang lumayan banyak. Ruang pertemuan pun memadai.

Karena pelatihan jurnalistik inilah saya datang di kota ini. 

Saya diundang sebagai pemateri bersama Yusuf Ahmad, Asnawin, Muh Yahya Mustafa, dan Muhammad Arfah. 

Kesemua pemateri berasal dari Kota Makassar. Yusuf Ahmad adalah fotografer Reuters. 

Asnawin adalah Humas Kopertis IX sekaligus pengelola Majalah Cerdas, majalah internal Kopertis IX. 

Muh Yahya Mustafa adalah dosen Universitas Sawerigading yang juga pengelola Majalah Cerdas.

Sedangkan Arfah adalah wartawan Ujungpandang Ekspres

Tiga nama terakhir di atas sama-sama pernah bergelut di Pedoman Rakyat (PR). 

PR adalah surat kabar yang pernah terbit di Makassar sejak 1942 hingga 3 Oktober 2007 lalu.

Untuk bisa menghadiri acara ini, saya lebih dulu mengajukan izin cuti. Alhamdulillah, kantor memberi saya cuti tiga hari. (JM)

Gorontalo, 5 Juli 2013

Komentar