Garuda Terbang Perdana Makassar-Sorong-Monokwari-Jayapura

Catatan 4 Malam Tur ke Papua Barat
MANOKWARI - Pesawat Garuda Bombardier CRJ 1000 NextGen saat tiba di Bandara Rendani, Manokwari, Provinsi Papua Barat, Kamis (21/11/2013). 

PAPUA, TRIBUN-TIMUR.COM - Pesawat Garuda Indonesia melakukan penerbangan perdana untuk rute baru Makassar-Sorong-Monokwari-Jayapura pergi pulang, Kamis (21/11/2013).

Kegiatan ini diawali dengan pemotongan tumpeng oleh Vice President GIA Eastern Area Of Indonesia, Rosyinah Manaf, Kamis dini hari. Berlangsung di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Dilanjutkan penerbangan dengan menggunakan pesawat Garuda Bombardier CRJ1000 NextGen dari Bandara Hasanuddin menuju Sorong, Provinsi Papua Barat.

Pada acara ini, manajemen Garuda memboyong 46 pengusaha travel dan jurnalis dari sejumlah kota besar di Indonesia. Di antaranya dari Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar.

Di Sorong, rombongan disambut sekelompok remaja berpakaian khas Papua sembari menarikan tarian setempat. Wakil Wali Kota Sorong dr Hj Pahimah Iskandar beserta perwakilan muspida setempat hadir menyambut rombongan.

Tak sampai sejam di Sorong, dengan menggunakan pesawat yang sama rombongan terbang lagi ke Monokwari, ibu Kota Provinsi Papua Barat. Juga tak sampai sejam di Monokwari, rombongan terbang lagi ke Jayapura, ibu kota Provinsi Papua.

Rosyinah mengatakan, permintaan untuk membuka rute Makassar-Sorong-Monokwari-Jayapura pergi pulang sudah lama disampaikan disuarakan ke manajemen maskapai Garuda. Namun baru kali ini bisa dipenuhi.

Untuk rute ini, Garuda melayani penerbangan setiap hari dengan satu pesawat jenis bombardier. Pesawat ini berkapasitas 96 seat. Terdiri atas 84 seat ekonomi dan 12 seat bisnis.

"Untuk rute Makassar-Sorong tarif promosinya di kisaran Rp 850 ribu per orang. Sedangkan Makassar-Jayapura tiketnya di kisaran Rp 2 juta per orang," ujar Wayan, Sales Marketing Manager GIA, yang ikut terbang bersama rombongan.

Penerbangan perdana ini dirangkaikan dengan berbagai kegiatan. Di antaranya kunjungan ke kawasan wisata Raja Ampat,  fam trip, serta  table top dari beberapa travel agent. (*)

Laporan: jumadi mappanganro
Catatan: tulisan di atas dimuat di www.tribun-timur.com pada Kamis, 21 November 2013

Komentar