Ke Manokwari, Cicipilah Abon Gulung!

Catatan 4 Malam Tur ke Papua Barat

ABON GULUNG - Warga antre beli abon gulung di Hawai Bakery, Bandara Rendani, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat, Jumat (22/11/2013) siang. Abon gulung adalah kuliner khas Manokwari.

MANOKWARI, TRIBUN-TIMUR.COM - Berada di Manokwari, ibu Kota Provinsi Papua Barat, jangan lupa mencicipi Abon Gulung. Ini kuliner khas daerah ini. Banyak orang menjadikan kuliner ini sebagai oleh-oleh dari Manokwari. Kuliner ini enak dicicipi sembari minum kopi atau teh hangat.

Komposisi kuliner ini terdiri atas tepung, gula, telur, dan garam. Soal rasa, terserah pilih mana. Ada abon sapi. Ada abon sapi keju. Ada abon ayam. Ada abon sapi almond. Juga ada abon tuna dan abon sapi sosis serta abon kombinas/campuran keseluruhan rasa.


Abon gulung yang paling terkenal dan sangat diminati wisatawan yang berkunjung ke Manokwari adalah Abon gulung produk Hawai Bakery & Coffee Shop.


Untuk mendapatkan kuliner ini relatif mudah di Manokwari. Di antaranya di Hawai Bakery & Coffee Shop di Jenderal Sudirman No 100. Juga bisa didapat di Lee Cafe di Jl Merdeka No 125 (eks Gedung Lokabahari. 

 
ABON GULUNG - Ilsa Sopamena Pattisarany (50 tahun) di Bakaro Lounge Cafe lantai 2 Bandara Rendani, Manokwari, Jumat (22/11/2013).
Jika tak mau repot, beli saja di Bandar Udara (Bandara) Rendani saat tiba atau hendak meninggalkan daerah ini. Di tempat ini kita beli dan langsung mencicipinya. Harganya tergantung paket. Paling murah bisa dibeli Rp 120 ribu per kemasan  isi 10 pcs.

"Rasanya maknyus. Enak sekali," ujar Ilsa Sopamena Pattisarany (50 tahun) yang ditemui di Bakaro Lounge Cafe lantai 2 Bandara Rendani, Jumat (22/11/2013) siang.
Ilsa adalah General Manager PT Caraka Travelindo, perusahaan travel yang berkantor pusat di Kota Makassar. (*)

Penulis: jumadi mappanganro

Catatan: tulisan di atas telah dipublikasikan di www.tribun-timur.com, Jumat, 22 November 2013.

Komentar