Wisatawan Asal AS Terbanyak ke Raja Ampat

Laporan 4 Malam Tur ke Papua Barat 

Kepulauan Paenamo, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, saat dabadikan, Sabtu (23/11/2013).

RAJA AMPAT, TRIBUN-TIMUR.COM - Kabupaten Raja Ampat di Provinsi Papua Barat adalah satu di antara lokasi wisata bahari di Indonesia yang kini diminati banyak wisatawan mancananegara maupun domestik.

Bahkan bagi sebagian wisatawan asing yang pernah menyelam di Raja Ampat menyebutnya sebagai surga kecil yang ada dunia bagi mereka yang hobi wisata bahari, khususnya menyelam.


"Sebab di sini lumayan banyak spot menyelam dengan pemandangan karang yang sangat indah serta ikan-ikan karang yang jarang ditemui di tempat lain," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Raja Ampat Yusdi N Lamatenggo di Waisai, Sabtu (23/11/2013).
 
Yusdi N Lamatenggo
Menurut Yusdi, jumlah wisatawan ke Raja Ampat setiap tahun mencapai 11 ribu wisatawan. Sekitar 9.000 di antaranya adalah wisatawan mancanegara. Sisanya adalah wisatawan domestik.

Di banding negara lain, wisatawan dari Amerika Serikat yang paling banyak ke Raja Ampat. Kalau wisatawan Asia, terbanyak dari Jepang.


"Setahun tidak kurang 600 orang Jepang wisata ke sini," ujar Yusdi saat menemani rombongan Fam Trip Garuda mengunjungi beberapa pulau di Raja Ampat untuk wisata, pagi hingga sore tadi.


Rombongan terdiri atas Vice President GIA Eastern Area Of Indonesia, Rosyinah Manaf. Lainnya  adalah para pengusaha travel dan jurnalis dari beberapa kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Denpasar, dan Makassar. (*)

Komentar