Pengusaha Hotel Razak Djalle Luncurkan Buku Biografi

Laporan wartawan Tribun Timur Jumadi Mappanganro

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tokoh pariwisata dan pengusaha hotel di Makassar, Razak Djalle, akan meluncurkan buku biografi tentang dirinya, Rabu (25/6/2014) malam. Peluncuran buku berjudul 70 Tahun Mencari Makna Hidup ini akan digelar di Hotel Makassar Cottage, Jalan Abdul Kadir No 42, Makassar.

sampul buku
Peluncuran buku biografi ini dirangkaikan syukuran ulang tahun Razak yang ke-70. Rencana peluncuran buku ini disampaikan penulisnya, Andhy Pallawa, melalui rilisnya yang diterima Tribun, Selasa (24/6/2014) malam. 

Menurut Andhy Pallawa, buku ini menarik lantaran Razak Djalle memang merupakan sosok yang penuh warna. Selain sebagai pengusaha hotel yang merintis usaha dari bawah, dia juga pernah nyemplung di dunia politik dengan menjadi calon Wakil Wali Kota Makassar pada 2009 lalu.

Biografi setebal 476 halaman ini juga memuat lika-liku Razak bersama kakaknya Mustafa Djalle membangun dan mengembangkan PD Aksara Lontara yang cukup fenomenal pada zamannya. Namun perusahaan daerah yang telah mengharumkan nama Sulawesi Selatan di kancah nasional bahkan internasional ini, justeru dibubarkan saat Ahmad Amiruddin menjadi Gubernur Sulawesi Selatan.

“Waktu itu, menurut Razak pemda butuh uang untuk membangun kantor gubernur sehingga semua aset dijual, dan beberapa perusahaan daerah pun dibekukan. Termasuk PD. Aksara Lontara yang saat itu mempekerjakan puluhan karyawan,’’ tutur Andhy yang juga penulis buku biografi mantan Sekda Kota Makassar Agar Jaya ini.

Pada buku ini juga mengupas kiprah Razak di berbagai organisasi mulai dari HMI, PHRI, KADIN, APINDO, dan Rotary Club. Juga pengembaraannya ke berbagai belahan dunia, yang kesemuanya ikut mewarnai kepribadiannya.

Selain menceritakan perjalanan panjang kehidupan Razak Djalle, buku ini dilengkapi pula komentar dari beberapa sahabat dan koleganya. Antara lain M Parawansa, Willy Ferial, Ishak Ngeljaratan, Ilhamsyah Mattalatta, Nico Simen, Baharuddin Abidin, dan Bachtiar Manaba. (*/tribun-timur.com)
Catatan: tulisan di atas dimuat di www.tribun-timur.com, Selasa, 24 Juni 2014

Komentar