Belanja Oleh-oleh Khas Bali, Datanglah di Pasar Seni Sukawati


JIKA sedang wisata ke Bali, rasanya belum lengkap tanpa membeli baju atau pernak-pernik khas Pulau Dewata sebagai oleh-oleh.

Tempat belanja oleh-oleh di Bali sangat banyak. Satu di antaranya adalah Pasar Seni Sukawati.

Pasar yang sangat terkenal ini terletak di Jalan Raya Sukawati, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

Berjarak sekira 30 km dari Bandara Ngurah Rai, Kota Denpasar. Tak sampai sejam naik kendaraan bermotor ke pasar ini dari bandara.


Sedangkan dari Umalas Hotel & Residence, tempat kami menginap selama di Bali, ke Pasar Sukowati berjarak sekira 23 km. Waktu tempuh juga hampir sejam naik kendaraan bermotor.

Di pasar ini, aneka kerajinan seni khas Bali dijual. Mulai baju aneka warna dan motif, celana, sarung, kain, sandal, gantungan kunci, gelang hingga kalung.

Juga ada tas, aneka manik-manik, lukisan hingga aneka patung kayu beragam ukuran tersedia serta beragam aksesoris lainnya.


Soal harga, dijamin lebih murah di Pasar Seni Sukowati dibanding produk yang sama di tempat lain. Makanya pasar ini paling disenangi para traveller, terlebih bagi backpacker, yang sedang liburan di Bali.

Itulah yang saya dan istri rasakan saat berkunjung ke pasar ini, Minggu (13/11/2016) lalu.


Pasar ini selalu ramai. Tak hanya didatangani wisatawan domestik, tapi juga disukai turis dari berbagai negara.

Pasar yang terdiri dua lantai ini terbuka setiap hari mulai pagi hingga sore.



Jangan Tanggung-tanggung Menawar

BAGI yang ingin belanja oleh-oleh di Pasar Seni Sukowati, sangat dianjurkan untuk tidak ragu menawar. Sebab semua produk yang didagangkan di pasar ini semua bisa ditawar.

Menawar pun jangan tanggung-tanggung. Untuk jenis pakaian, jangan ragu menawar hingga sedikit di bawah harga setengah dari harga pertama kali yang diucapkan penjual.


Misalnya di pedagang itu menyebut harga kain batik senilai Rp 60 ribu selembar, maka jangan ragu menawar hingga Rp 25 ribu selembar.

Tak percaya, cobalah buktikan sendiri jika ke Pulau 'Seribu Pura'. Setidaknya tips inilah yang kami gunakan saat belanja di pasar ini. Hasilnya manjur. Hehe..

Kami ke tempat ini menggunakan sepeda motor rental. Inilah kali pertama kami ke pasar ini.

Walau demikian, tak susah menemukan Pasar Seni Sukawati. Itu berkat petunjuk dari Google Maps yang kami on-kan melalui smartphone. (jumadi mappanganro)

Pasar Seni Sukawati 
Lokasi: Jl Raya Sukawati, Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar
Provinsi: Bali
Jarak: Sekira 30 km dari Bandara Ngurah Rai, Kota Denpasar  aksesoris lainnya.
Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00

Bali dan Makassar, November 2016

Catatan: Tulisan di atas dimuat di koran Tribun  Timur edisi cetak, Rabu 30 November 2016.

Komentar