Nongki di Taman Iniaku Sorowako

Taman Iniaku, Sorowako, Kecamatan Nuha, Luwu Timur

BERADA
di Sorowako rupanya tak susah mencari tempat nongkrong malam hari. Di pusat tambang PT Vale Indonesia Tbk ini telah hadir banyak kafe yang bisa jadi tempat nongki.

Salah satunya Taman Iniaku. Berada di Jalan Gunung Latimojong, Desa Sorowako, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Di taman ini, berjejer sekira 20-an kedai kecil seukuran gerobak yang menjajakan aneka minuman dan makanan, ringan hingga berat.

Di antaranya ada teh, kopi hitam, kopi susu, green tea, milo panas dan dingin hingga sarabba. Juga ada pisang goreng, mi rebus, dll. Harga mulai Rp 10 ribu per gelas/porsi.

Namanya saja taman, tempatnya terbuka. Jika hujan, pengunjung bisa basah.



Tapi menariknya, di taman ini juga tersedia tempat bermain anak-anak. Juga ada patung ikan hingga mural karya pemuda setempat. Bahkan hiburan live music ada.

Makanya warga Sorowako kerap menjadikan taman ini sebagai tempat wisata keluarga sekaligus merilekskan pikiran selepas kerja.

Kami ke sini pada Rabu (27/11/2019) malam lalu. Bersama kami: saya, Ridwan Putra, Sanovra Jr, Ivan, dan sang driver.

Jam sudah menunjukkan pukul 20.30 wita saat kami tiba. Kami pun memesan sarabba dan pisang goreng.

"Kalau mau melihat taman ini ramai pengunjung, sebaiknya kita datang Sabtu sore atau malam Minggu ke sini," tutur Ivan, jurnalis tribunluwu.com, yang mengajak kami ke taman ini.


Kata Ivan, setiap Sabtu sore di Taman Iniaku digelar Pasar Kangen Sorowako.

Saat itu taman ini dibuat bagai pasar yang menyediakan berbagai jenis kue dan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara ini merupakan gagasan Kepala Desa Sorowako Jihaddin Peruge. Tujuannya menjadikan Taman Iniaku menjadi tempat dan ajang silaturahmi antarsesama warga Sorowako.

Alasan Jihadin, Sorowako itu kota kecil. Kota Industri yang warganya dari berbagai macam etnis asal daerah di Indonesia.

"Nah dengan adanya Pasar Kangen Sorowako diharapkan bisa mengobati kerinduan mereka yang ingin menikmati kuliner khas dari berbagai daerah di Indonesia,” tutur Jihadin saat berbincang di Toffen Coffee, salah satu kafe di Sorowako.

Bersama Kades Sorowako Jihadin Peruge di Toffen Coffee, Sorowako

Sejarah

Taman Iniaku ini terwujud hasil swadaya dan kreatifitas Forum Pemuda Desa Sorowako Bersatu.
Diresmikan Bupati Luwu Timur Ir HM Thorig Husler, 13 Oktober 2018 lalu.

Kehadiran taman ini salah satunya dimaksudkan untuk menghadirkan tempat wisata baru sekaligus diharapkan dapat meningkatkan pendapatan desa.

Daftar Kafe 

Bosan di Taman Iniaku, kita bisa mencari kafe dengan suasana lain di Sorowako dan sekitarnya.

Di antaranya kita bisa berkunjung Kopi Api Coffee Roasters di Nekkel. Kopinya sangat terkenal di sini.

Ada juga Toffen Coffee di Jalan Latimojong. Lokasinya tak jauh dari Taman Iniaku. Toffen  Coffee ini berada dalam area Kantor Desa Sorowako.

Pilihan lain, kita bisa ke Warkop QnR Sorowako di Jalan Gunung Tambora, Nekkel.

Ada juga D'Capra70. Tempat ini mengusung konsep cafe and resto. Beralamat di Jalan Incoiro.

Bisa juga ke Warkop Bandara di Magani atau ke Black East Coffee, Pujasera (depan kantor PLN, Sorowako.

Ada juga Garasi Corner di Jalan Pattimura danb SNT COffee. Kedua kafe ini berada di Desa Magani, tetangga Desa Sorowako.

Intinya, berada di Sorowako tak perlu khawatir mencari kafe yang sesuai selera Anda. Cobalah! (JM)





Komentar